Masjid Terkenal di Seluruh Dunia

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia

Sepanjang sejarah, masjid telah digunakan untuk menawarkan doa, belajar Islam atau sebagai tempat untuk bermeditasi dan bersantai. Masjid berbeda dari daerah ke daerah dalam hal ukuran dan desain, tergantung pada kepadatan populasi Muslim di daerah itu. Muslim di masa lalu dan bahkan di masa sekarang menyewa arsitek untuk membangun dan memperindah masjid. Meskipun desain dapat bervariasi tergantung pada budaya masjid yang dibangun, beberapa fitur dasarnya tetap sama.

Setiap masjid memiliki mihrab, ceruk di dinding yang menunjukkan arah kiblat, ke arah mana umat Islam berdoa. Minbar (mimbar) juga biasa ditemukan di masjid-masjid yang digunakan oleh seorang sarjana Islam untuk menyampaikan khotbah dan pidato keagamaan.

Rumah Nabi Muhammad (saw) dianggap sebagai masjid pertama Islam; rumah khas Arab abad ke-7, dengan halaman yang dikelilingi oleh kamar-kamar yang didukung oleh kolom di Madinah. Ini adalah gaya yang diadopsi oleh orang Arab untuk membangun masjid selama berabad-abad. Dengan kemajuan teknologi dan masuknya modernisme, arsitektur masjid berubah.

Mari kita lihat beberapa masjid terkenal saat ini dari seluruh dunia.

Masjid al Haram

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia 1

sumber : https://www.islamicfinder.org

Masjid al Haram, masjid terbesar di dunia, dibangun di sekitar Kabah. Itu telah dimodifikasi dan diperpanjang beberapa kali di bawah pemerintahan berbagai penguasa Muslim. Desain saat ini dengan Kabah yang terlampir di tengah masjid didasarkan pada pembangunan kembali yang diperintahkan oleh Khalifah Abbasiyah Al-Mahdi.

Masjid Nabawi

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia 2

sumber : https://www.islamicfinder.org

Masjid Nabawi didirikan oleh Nabi Muhammad (SAW) sendiri, setelah hijrah dari Mekah ke Madinah. Ini adalah masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjid al Haram.

Masjid Sheikh Zayed

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia 3

sumber : https://www.islamicfinder.org

Masjid Sheikh Zayed, terletak di Abu Dhabi, adalah masjid terbesar ketiga di dunia setelah yang ada di Mekah dan Madinah. Dinamai setelah pemiliknya Sheikh Zayed Al Nahyan. Dibangun untuk memperkuat budaya Islam, masjid ini juga berfungsi sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi Sheikh Zayed.

Masjid Qolsharif

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia 4

sumber : https://www.islamicfinder.org

Masjid Qolsharif, yang terletak di Rusia (Kazan), adalah pusat utama untuk semua kegiatan Islam dan pencerahan keagamaan. Ini adalah masjid terbesar di Rusia dan Eropa (di luar Turki). Ini adalah penciptaan kembali Masjid multi-menara di ibukota Khanate of Kazan yang dihancurkan pada 1552 oleh tentara Ivan.

Masjid Ummayad

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia 5

sumber : https://www.islamicfinder.org

Masjid Umayyah juga dikenal sebagai Masjid Agung Damaskus adalah masjid batu tertua yang masih berdiri sampai sekarang. Itu dibangun pada 705-715 oleh Khalifah Umayyah Al-Walid 1.

Masjid Badshahi

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia 6

sumber : https://www.islamicfinder.org

Masjid Badshahi, juga dikenal sebagai “Masjid Kaisar” terletak di jantung Lahore. Dibangun oleh Kaisar Mughal Aurangzeb pada tahun 1673 dan merupakan salah satu landmark paling signifikan di kota ini.

Masjid Astana

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia 7

sumber : https://www.islamicfinder.org

Masjid Nur Astana, yang terletak di ibu kota Kazakhstan, Astana, adalah masjid terbesar ketiga di Asia Tengah. Itu dibangun pada tahun 2005 dan merupakan pemandangan indah dengan pola geometris dan warna-warna yang kontras dari Biru, putih, merah dan emas.

Masjid Siddiqa Fatima Zahra

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia 8

sumber : https://www.islamicfinder.org

Masjid Siddiqa Fatima Zahra, terletak di Kuwait dekat Bandara Internasional Kuwait, menyerupai Taj Mahal di India. Dibangun pada tahun 2011, masjid ini menempati area seluas 3.200 meter persegi dan dapat menampung 4000 jemaah sekaligus.

Masjid Biru

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia 9

sumber : https://www.islamicfinder.org

Situs wisata populer dan secara historis dikenal sebagai masjid biru terletak di Istanbul, Turki. Masjid ini juga dikenal sebagai masjid Sultan Ahmed, karena masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616, pada masa pemerintahan Ahmed I. Masjid ini tetap terbuka untuk pengunjung dan wisatawan kecuali untuk waktu jamaah, sekitar setengah jam untuk setiap sholat. .

Masjid Ahmad Kadyrov

Masjid Terkenal di Seluruh Dunia 10

sumber : https://www.islamicfinder.org

Masjid Akhmad Kadyrov, yang terletak di Grozny, ibukota Chechnya, secara resmi dikenal sebagai Jantung Chechnya. Ini adalah salah satu masjid terbesar di Rusia. Dinamai Akhmad Kadyrov, yang menugaskan pembangunan. Masjid itu secara resmi pada 2008 di mana pemimpin Chechnya berbicara di hadapan pemimpin Rusia Vladimir Putin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *