Masjid Agung Oman yang Unik

Masjid Agung Oman yang Unik

Ketika di Oman, salah satu tempat paling penting untuk dikunjungi adalah Masjid Agung di Muscat. Pentingnya perjalanan singkat ke tempat suci ini tidak dibatasi atau dikhususkan oleh semangat keagamaan atau ibadah. Alasannya terletak pada sesuatu yang lain. Masjid Agung menunjukkan kecemerlangan dalam departemen arsitektur dan desain.

Masjid Agung Oman yang Unik 1

Sumber : musafir.com

Pada tahun 1994, pembangunan Masjid Agung dimulai di Bausher di Muscat atas perintah Qaboos bin Said al Said, Sultan Oman, dan selesai pada tahun 2001. Masjid ini adalah struktur raksasa, dikelilingi oleh taman-taman hijau yang indah sehingga dapat menangkal gangguan dari keriuhan luar, selain menonjolkan keindahan keseluruhan tempat itu. Area seluas 416.000 meter persegi didedikasikan untuk Masjid Agung, dan dapat menampung sedikitnya 20.000 jamaah.

Juga dikenal sebagai Masjid Agung Sultan Qaboos, tempat ini beresonansi dengan baik oleh pengunjung dari seluruh dunia. Menariknya, ini adalah satu-satunya masjid di Oman yang menyambut orang dari semua agama yang berbeda. Itu juga memiliki ruang besar bernama ‘Musalla’, yang sepenuhnya didedikasikan untuk para jamaah perempuan yang berkunjung untuk berdoa disana. Musalla dapat menampung 750 jamaah wanita yang baik pada waktu tertentu.

Masjid Agung Oman yang Unik 2

Sumber : musafir.com

Ada ruang yang lebih besar, lebih tepatnya aula, yang merupakan ruang doa utama, dan itu akan membuat kagum mata Anda dengan keindahan yang ada di dalamnya. Langit-langit memiliki lampu gantung besar dan menakjubkan yang beratnya sekitar 8,5 ton dan bersinar terang dari dalamnya, sekitar 600.000 kristal Swarovski bersama dengan pelapisan emas 24 karat. Tanpa disadari Anda akan melongo di sekitar ruangan itu, karena dinding yang menyatukan bangunan raksasa ini. Atap dengan langit-langit kayunya menampilkan kaligrafi yang indah serta karya bergaya Arab. Dan untuk lantai, dihiasi dengan karpet besar yang menggambarkan keunggulan seni pembuatan karpet Persia. Ini adalah karpet terbesar kedua di dunia. Keindahan keseluruhan tempat ini akan membuat Anda pergi dengan wawasan seni dan desain eksklusif Oman.

Masjid Agung Oman yang Unik 3

Sumber : musafir.com

Ada lorong utama yang menghubungkan ruang doa pria dan wanita. Saat Anda melewati bagian bangunan ini, berhati-hatilah untuk berhenti sejenak dan melihat-lihat. Lengkungan langit-langit, bersama dengan efek chiaroscuro yang dibuat pada siang hari di bagian itu akan menciptakan memori yang tidak dapat dilewati. Ingatlah untuk melihat ke atas untuk melihat ukiran kaligrafi di atas dinding aula doa utama. Bangunan masjid memperingati prinsip-prinsip inti tertentu dari Islam itu sendiri. Berlokasi sentral adalah kubah besar yang menjulang pada ketinggian 50 meter dan dilingkari oleh 5 menara untuk mewakili 5 rukun Islam. Menara-menara ini juga berdiri untuk membatasi batas-batas premis. Berjalan-jalanlah melalui beranda berliku di sini untuk melihat karya mosaik Oman.

Masjid Agung Oman yang Unik 4

Sumber : musafir.com

Menariknya, setelah Anda menjangkau sebagian besar premis, belok ke arah departemen perpustakaan. Dan jika Anda seorang pembaca, Anda akan senang mengetahui bahwa perpustakaan yang sangat besar itu menampung puluhan ribu buku. Serta ada untuk melihat, melanjutkan dengan melayang, ruang kecil namun indah yang didedikasikan untuk administrasi beberapa pertunjukan wudhu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *