Masjid Agung di Kuala Lumpur (2)

Masjid Agung di Kuala Lumpur (2)

Masjid Biru Selangor

Masjid Agung di Kuala Lumpur (2) 1

sumber : http://www.kuala-lumpur.ws

Masjid Biru Selangor adalah masjid terbesar di Malaysia dan secara luas dianggap sebagai salah satu yang paling indah. Mengambil namanya dari kubah biru dan peraknya yang mengesankan, masjid ini memiliki empat menara yang menggabungkan pengaruh Melayu dan Modernis ke dalam arsitekturnya yang khas.

Masjid ini terletak di ibu kota Selangor, Shah Alam. Ini adalah masjid terbesar di Malaysia dan terbesar kedua di seluruh Asia Tenggara dan, tidak mengherankan, adalah kota dari objek wisata paling terkenal di Shah Alam. Diameter masjid 51,2m adalah kubah agama terbesar di dunia dan empat menara 142,3m juga merupakan yang tertinggi di dunia. Masjid ini memiliki kapasitas maksimum yang mengesankan 24.000 orang! Tidak mengherankan bahwa masjid sebesar itu terlihat dari banyak titik di Kuala Lumpur dan itu sendiri menawarkan pemandangan yang indah dari Taman Seni Islam yang indah yang menghadapnya. Masjid ini tidak sulit untuk dilokasikan mengingat perawakannya yang mengesankan dan lokasi pusat Shah Alam di ujung Masjid Persiaran sekitar 40 menit berkendara dari pusat kota KL.

Masjid Putra di Kuala Lumpur

Masjid Agung di Kuala Lumpur (2) 2

sumber : http://www.kuala-lumpur.ws

Menghadap ke Danau Putrajaya yang indah, Masjid Putra dapat dikatakan sebagai landmark paling khas Putrajaya dan salah satu masjid paling modern di dunia. Sebuah pameran tentang bagaimana desain masjid telah berkembang di Malaysia, arsitektur Islam Masjid Putra secara artistik memadukan desain tradisional, pengerjaan lokal dan penggunaan bahan-bahan asli. Masjid dimodelkan setelah arsitektur Islam Persia periode Safawi dengan unsur-unsur yang berasal dari budaya Muslim lainnya. Menggabungkan desain arsitektur Malaysia, Persia dan Arab-Islam, pintu masuk utama ke masjid ini dibentuk dalam rupa gerbang bangunan umum di Persia Muslim.

Menara setinggi 116 meter ini dipengaruhi oleh desain masjid Sheikh Omar di Baghdad, sedangkan dinding bawah tanah masjidnya menyerupai masjid King Hassan di Casablanca, Maroko. Masjid ini dibangun dalam granit berwarna mawar yang memberikan rona merah muda gurun yang mengimbangi kayu cengal pada pintu, jendela, dan panel. Ruang Doa sederhana dan elegan dan didukung oleh 12 kolom yang menopang kubah utama berdiameter 36 meter. Masjid Putra Mimbar (mimbar) dan mehrab (ceruk yang menunjukkan arah Mekah) dihiasi dengan khat atau kaligrafi Islam. Fitur unik telah ditambahkan pada desain sistem suara – speaker lemparan depan digunakan untuk menciptakan efek dari semua suara yang berasal dari arah imam. Kompleks masjid yang dapat menampung hingga 10.000 jamaah dapat digunakan untuk mengadakan konferensi, seminar, dan simposium. Para pemuja juga dapat berkumpul di halaman beraspal di depan aula. Halamannya lanskap dengan fitur-fitur dan dapat menampung 5.000 orang tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *