Masjid Agung Aljazair

Masjid Agung Aljazair

Masjid Agung Aljazair memiliki luas bangunan 400.000 m² dan fasad lebih dari 23.000 m yang memilki eksterior dan interior dengan karya arsitektur yang luar biasa.

Masjid Agung Aljazair 1

sumber : https://khazanah.republika.co.id

Estetika dan daya tahan

Atap ruang sholat Masjid Agung Aljazair (Djamaa el Djazaïr) menjulang setinggi 45 meter. Kubah yang didukungnya memiliki lebar 50 meter dan tinggi 25 meter. Tidak jauh dari kubah ini menara tertinggi di dunia menara pada ketinggian 265 meter, berisi 43 lantai yang dilayani oleh lift panorama.

Masjid Agung Aljazair 2

sumber : http://life.108jakarta.com

Karya arsitektur ini dirancang oleh Krebs und Kiefer dan dikelola oleh Anargema (agensi di bawah Kementerian Perumahan Aljazair yang bertanggung jawab untuk pembangunan dan pengelolaan masjid) dan dibangun oleh CSCEC.

Masjid menggabungkan modernitas dan desain otentik, dan pelaksanaannya yang sukses bergantung pada bahan berkualitas tinggi, terutama fasad. Namun selain fasad, atap kubah aula doa, halaman bagian dalam dan penutup bangunan lainnya juga memberikan kontribusi dengan arsitektur yang indah.

Kerja keras menghasilkan karya yang indah

Fasad menara menggunakan elemen arsitektur tradisional Arab yang disebut mashrabiya yang telah digunakan sejak Abad Pertengahan. Mashrabiya melibatkan kisi-kisi yang rumit, dan motifnya menghormati tradisi Islam dan memberikan identitas unik ke masjid.

Masjid Agung Aljazair 3

sumber : https://khazanah.republika.co.id

Pola rumit ini membutuhkan sentuhan halus dalam desain dan pembuatan: mashrabiya dapat memiliki berat tidak lebih dari 65 kg / m². Berkat karakteristik bahan yang berkualitas luar biasa, dimungkinkan untuk merancang panel yang sangat tipis tanpa penguatan pasif yang juga memenuhi harapan seniman.

Di luar batasan estetika desain, bahan yang luar biasa menjamin ketahanan brise-soleil bahkan ketika dipasang beberapa ratus meter, di mana dapat terpapar oleh angin kencang dan semprotan garam laut di daerah dengan aktivitas seismik tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *