Tur Keliling Masjid-Masjid Terbaik di Dunia

Tur Keliling Masjid-Masjid Terbaik di Dunia

Masjid adalah rumah Allah bagi umat Islam, dan para arsitek sangat terampil dalam membangun dan merancang masjid. Mereka terkenal dengan desain dan arsitekturnya. Setiap masjid memiliki karakter tersendiri. Masjid dicirikan oleh desain unik mereka.

Ini telah menjadi tempat tidak hanya untuk ibadah dan sains, tetapi juga untuk situs-situs arkeologi dan tempat-tempat wisata, yang dikunjungi oleh wisatawan Muslim dan non-Muslim. Untuk mengetahui lebih banyak tentang masjid terbaik di dunia, berikut adalah daftar masjid yang paling terkenal dan paling indah.

Masjid Agung Mekah adalah salah satu masjid terbaik di dunia

Tur Keliling Masjid-Masjid Terbaik di Dunia 1

sumber : https://www.ootlah.com

Masjid Agung Mekah adalah yang terbesar di dunia, dan dianggap sebagai salah satu tempat paling suci dalam Islam, tempat Ka’bah berada. Masjid Agung Mekah terletak di Mekah, Arab Saudi, dengan luas sekitar 400.800 meter. Masjid ini mampu menampung sekitar 4 juta orang.

Masjid Kristal

Tur Keliling Masjid-Masjid Terbaik di Dunia 2

sumber : https://www.ootlah.com

Masjid Kristal adalah salah satu masjid terindah di dunia dan salah satu masjid terindah di Malaysia, terbuat dari kristal murni. Masjid ini dibangun pada tahun 2006 atas perintah Sultan Mizan Zine El Abidine, yang memakan waktu sekitar dua tahun. Dapat menampung lebih dari 15.000 orang. Masjid Kristal terletak di Kuala Lumpur, Malaysia, menghadap Taman Industri Putrajaya Kuala Lumpur. Ini adalah salah satu tempat wisata paling penting yang menarik banyak wisatawan di Malaysia.

Masjid Biru di Malaysia

Tur Keliling Masjid-Masjid Terbaik di Dunia 3

sumber : https://www.ootlah.com

Masjid Biru atau Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz adalah salah satu masjid paling terkenal di Malaysia. Ini ditandai dengan arsitektur Islamnya dan menarik banyak pengunjung karena konstruksinya yang unik dan megah. Masjid Biru adalah masjid terbesar kedua di Asia Tenggara, dengan lebih dari 24.000 jamaah. Juga, itu adalah masjid tertinggi kedua di dunia setelah kubah Masjid Eda Bali di Turki. Masjid ini disebut Masjid Biru karena kubah biru dan peraknya yang terbuat dari aluminium, dengan diameter sekitar 51,2 meter dan 106,7 meter di atas permukaan tanah.

Menara masjid juga merupakan salah satu menara terpanjang di dunia, dengan panjang sekitar 143 meter. Masjid ini menampilkan sentuhan arsitektur gaya Malaysia yang dirancang dengan perpaduan arsitektur Islam dan seni kontemporer Malaysia. Karena itu masjid ini adalah salah satu masjid terbaik di dunia. Kemegahan desainnya yang unik, terutama di dalam segitiga atap dengan ayat-ayat Alquran yang tinggi, juga tampak jelas di pintu dan pintu masuk. Patut dicatat bahwa Masjid Biru berisi 4 suar di setiap sudut masjid, yang merupakan kelompok suar terbesar di dunia. Karena itu, ini adalah salah satu masjid paling indah di dunia dan salah satu bangunan paling megah di Malaysia dan dunia Islam.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Tur Keliling Masjid-Masjid Terbaik di Dunia 4

sumber : https://www.ootlah.com

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin diklasifikasikan sebagai masjid arsitektur pertama di wilayah Asia-Pasifik.
Masjid ini terletak di Bandar Sri Bakawan, ibukota Brunei. Dinamai setelah Omar Ali Safi al-Din Sultan Brunei, yang masjidnya dibangun pada tahun 1958. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dianggap sebagai salah satu landmark terpenting Brunei. Ini juga merupakan simbol Islam penting di sana. Dan dianggap sebagai salah satu tujuan wisata paling populer. Arsitektur masjid ini memadukan arsitektur Islam dan Italia, karena dirancang oleh arsitek Italia. Masjid ini dibangun di atas sebuah danau industri di dekat tepi Sungai Brunei dan dikelilingi oleh air dari setiap sisi.

Masjid ini dihiasi dengan emas murni, dan menara masjidnya dirancang unik yang memadukan Renaissance Italia dan arsitekturnya dengan lift hingga ke ujungnya sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan kota yang indah dari atas. Di mana masjid naik 52 meter di atas permukaan laut, dan bisa dilihat dari bapak tempat di kota. Interior masjid dihiasi dengan jendela kaca berwarna-warni, lengkungan marmer, kolom marmer dan lampu kristal, menjadikannya salah satu masjid terbaik di dunia. Masjid ini memiliki taman yang menawan dengan air mancur dan dikelilingi oleh taman hijau dengan tanaman berbunga. Terletak sekitar 3 km dari pusat kota.

Masjid Sheikh Zayed

Tur Keliling Masjid-Masjid Terbaik di Dunia 5

sumber : https://www.ootlah.com

Masjid Sheikh Zayed adalah salah satu masjid terbaik di dunia, karena merupakan tengara wisata yang khas dan mahakarya arsitektur Islam. Masjid ini terletak di Emirat Abu Dhabi di UEA, dan terletak di daerah yang khas dan strategis antara dua jembatan paling penting di Abu Dhabi, yaitu Jembatan Mussafah dan Jembatan Madras. Masjid Sheikh Zayed, adalah masjid terbesar kelima di dunia, menampung lebih dari 40 ribu jamaah, sehingga dikenal sebagai Masjid Agung.

Masjid ini berisi 4 menara dengan panjang masing-masing 107 meter, di samping 80 kubah. Kubah-kubah ini didekorasi dengan marmer putih, keindahannya dan desainnya yang sangat teliti, menjadikan masjid ini keajaiban arsitektur di seluruh dunia. Dinding dan kolom masjid dihiasi dengan desain halus bertatahkan batu-batu berharga. Itu juga digunakan dalam dekorasi interior masjid, marmer Italia, gipsum putih dan patung-patung dekoratif Islam, serta penggunaan prasasti marmer dan mosaik berwarna di trotoar alun-alun masjid, yaitu sekitar 17 ribu meter persegi, sedangkan luas masjid lebih dari 22 ribu meter persegi.

Masjid Sheikh Zayed berisi karpet terbesar di dunia, dibuat khusus di Iran, dengan luas 5.627 meter dan berat sekitar 47 ton.
Masjid ini juga memiliki lampu kristal dan berlapis emas terbesar di dunia. Itu diproduksi di Jerman dari jenis Swarovski yang terkenal. Ini memiliki diameter 10 meter dan panjang 15 meter, serta enam lampu gantung serupa lainnya di dalam masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *