Masjid Sayyidah Zaynab

Masjid Sayyidah Zaynab

Masjid berhias ini dikatakan menyimpan sisa-sisa cucu Muhammad di bawah kubah emas murni.

Masjid Sayyidah Zaynab 1

sumber : https://www.atlasobscura.com

Masjid Damaskus berwarna biru yang indah ini menaungi sisa-sisa Sayyidah Zaynab di sebuah kuil yang dihiasi dengan kristal. Ini adalah situs ziarah yang sangat penting bagi umat Islam Syiah yang datang untuk memberikan penghormatan sedih untuk jenazahnya.

Masjid Sayyidah Zaynab 2

sumber : https://www.atlasobscura.com

Kuil Lady Zaynab dibangun untuk menghormati cucu Nabi Muhammad, dan diyakini oleh beberapa orang mengandung jasadnya. Pada 680 SM, Lady Zaynab ditangkap dan ditahan setelah pembantaian di Karbala, salah satu tragedi yang menentukan dari tradisi keagamaan Syiah. Ketika ditawan, dia menyelamatkan nyawa keponakannya, Ali, dengan melemparkan dirinya sendiri ke tubuhnya dan menyatakan mereka harus membunuhnya juga. Keberaniannya mempertahankan garis suksesi, memastikan masa depan Syiah. Dengan demikian, kuilnya adalah salah satu situs ziarah paling penting dan emosional bagi Muslim Syiah.

Masjid Sayyidah Zaynab 3

sumber : https://www.atlasobscura.com

Kuil itu sendiri tersembunyi di dalam labirin toko-toko, hotel, dan restoran di Damaskus tenggara. Menemukan masjid adalah sebuah tantangan yang membutuhkan kerumunan peziarah berjubah hitam dari Iran dan sesekali melihat menara biru yang menjulang tinggi. Gerbang masuk terbuka ke halaman luar yang dipoles yang didominasi oleh kuil di pusatnya dan seluruh bangunan dihiasi dengan mosaik ubin biru simbolik bunga simbolik, bentuk geometris, dan tulisan Arab. Kubah di atas kuil terbuat dari emas murni, seperti juga pintu upacara. Halaman penuh dengan pria dan wanita yang diliputi kesedihan berbaris berputar-putar, melantunkan doa dalam bahasa Persia dan Arab.

Masjid Sayyidah Zaynab 4

sumber : https://www.atlasobscura.com

Kuil itu sendiri adalah tampilan kecil, tetapi indah dari cermin, kristal, dan ornamen emas. Namun, bukan dekorasi yang indah yang langsung menarik perhatian pengunjung. Suasana di dalam adalah emosi yang terbuka dan bukan penghormatan diam. Itu dipenuhi dengan tangisan meratap dan air mata yang sangat banyak dari para peziarah yang datang untuk menghormati jenazah Lady Zaynab. Wanita merobek pakaian mereka, memukuli dada mereka, dan jatuh ke tanah. Ini adalah tampilan dari duka yang penuh gairah, dan para peziarah berduka atas kematiannya seperti halnya mereka akan menjadi putri tercinta. Kunjungan ke Shrine of Lady Zaynab akan membuat pengunjung dari agama apa pun kewalahan, baik oleh arsitektur yang indah dan kekuatan keyakinan yang menggerakkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *