Masjid Raya Hohhot

Masjid Raya Hohhot

Masjid Agung adalah masjid paling awal dan terbesar di antara delapan masjid di Hohhot, ibukota Daerah Otonomi Mongolia Dalam. Masjid Raya Hohhot dibangun pada tahun 1693; direnovasi pada 1789 dan 1923. Sekarang mencakup area seluas 4000 meter persegi.

Masjid Raya Hohhot 1

sumber : https://www.tripadvisor.co.id

Letak Masjid Agung Hohhot adalah barat dan timur. Tepat di depan Masjid Raya Hohhot, dulu ada dinding layar yang robek dalam sejarah. Ada ruang kuliah, rumah air, menara, ruang imam dan ruang shalat dan fasilitas lainnya di masjid. Aula doa didukung oleh 12 pilar kayu di mana Alquran diukir. Ruang sholat Masjid Agung Hohhot cukup besar untuk lima ratus orang untuk berdoa bersama. Bangunan Masjid Agung Hohhot yang paling menarik perhatian adalah menara yang tingginya 33 meter, dibangun pada tahun 1933.

Masjid Raya Hohhot 2

sumber : https://www.tripadvisor.co.id

Masjid ini adalah campuran arsitektur Cina dan Arab. Masjid Cina selama Dinasti Qing memiliki menara yang merupakan kompromi antara menara Islam murni dan pagoda Cina. Mereka menara dimahkotai dengan atap tipe paviliun. Terlebih lagi, masjid-masjid Cina pada masa itu memiliki prasasti atau plak, yang mengingatkan umat Muslim akan kesetiaan mereka yang tak terhindarkan kepada kaisar. Masjid Agung Hohhot hanya memiliki satu menara, yang, kebetulan, bukan bagian dari desain aslinya, tetapi ditambahkan kemudian.

Masjid Raya Hohhot 3

sumber : https://www.tripadvisor.co.id

Dari semua bangunan di sini, semuanya dibangun dengan bata hitam, yang termegah adalah Aula Doa Agung yang tepat, di belakangnya terdapat Aula Pengajaran dan Pemandian Muslim. Semua bangunan di dalamnya memiliki karakter Muslim. Dan yang paling penting adalah lebih dari 30 volume tulisan suci Alquran kuno, semuanya ditulis dalam bahasa Arab. Dimungkinkan juga, dengan izin, untuk memanjat menara heksagonal setinggi 15 meter, yang atasnya dengan atap gaya pagoda, untuk pemandangan kota yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *