Masjid DITIB Merkez

Masjid DITIB Merkez

Dibangun dengan gaya tradisional Ottoman, masjid ini menampung 800 jamaah di aula doa dan 400 di galeri, menjadikannya salah satu masjid terbesar di Jerman. Bangunan ini memiliki tinggi menara 34 meter dan atap kubah berwarna perak setinggi 23 meter. Luas permukaan kotor sekitar 2.500 m². Panggilan doa oleh seorang muazin di luar gedung dibebaskan.

Masjid DITIB Merkez 1

sumber : https://de.wikipedia.org

Di dalam gedung terdapat tempat pertemuan dengan perpustakaan Islam / arsip Islam, bistro dan beberapa ruang seminar terintegrasi, pembangunannya didanai oleh Uni Eropa dan Negara Rhine-Westphalia Utara dengan sekitar 3,4 juta euro. Direktur pelaksana tempat pertemuan ini hingga 2010 adalah Zülfiye Kaykin, yang kemudian menjadi Sekretaris Negara di Kementerian Tenaga Kerja, Integrasi, dan Urusan Sosial Negara Bagian Rhine-Westphalia Utara dari Juli 2010 hingga September 2013.

Masjid DITIB Merkez 2

sumber : https://de.wikipedia.org

Pada 2004, muncul gagasan untuk mengganti masjid darurat di bekas tambang batu bara dengan konstruksi masjid. Itu dikembangkan rencana untuk mendirikan tempat pertemuan agama. Dewan penasehat termasuk perwakilan dari gereja-gereja Kristen, partai-partai dan kelompok-kelompok sosial di distrik tersebut. Komunitas masjid telah berkembang dari 500 hingga 750 anggota.

Masjid DITIB Merkez 3

sumber : https://de.wikipedia.org

Masjid ini selesai dibangun pada 2008 dan dibuka pada 26 Oktober 2008. Pada peresmian, Uskup Katolik Roma dari Essen Felix Genn, Presiden Gereja Protestan di Rhineland Nikolaus Schneider, Perdana Menteri Negara Federal Rhine-Westphalia Utara Jürgen Rüttgers dan Presiden Kantor Urusan Agama Turki Ali Bardakoğlu hadir. Karena kesal sebelumnya telah memastikan fakta bahwa perusahaan Solinger Günther Kissel, yang dikenal karena pandangan politik sayap kanannya yang ekstrem, telah membangun masjid.

Masjid DITIB Merkez 4

sumber : https://de.wikipedia.org

Pembangunan masjid juga disebut keajaiban Marxloh, karena periode konstruksi yang luar biasa cepat dan gesekan rendah antara perencanaan (2004) dan pembukaan (2008) berdiri dan protes publik atau perselisihan hukum tidak terjadi. Ini disebabkan oleh kerja sama erat dari asosiasi masjid, kota, komunitas Kristen dan pemangku kepentingan lainnya

Namun, pada November 2009, perubahan personel yang mengejutkan diumumkan: Misalnya, juru bicara pers untuk komunitas masjid DITIB Merkez, Mustafa Kücük dikeluarkan dari jabatannya, dan Mehmet Özay mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua komunitas. Rupanya itu muncul di belakang layar untuk perselisihan antara komunitas masjid dan asosiasi dukungan tempat pertemuan. Ketua komunitas yang baru adalah Muhammed Al, wakilnya Yüksel Aydemir. Selain itu, Hüseyin Cetin (sekretaris pers dan perwakilan pendidikan), Selahattin Avci dan Erdal Sen (bertanggung jawab untuk perpustakaan spesialis), Yusuf Aydin (humas dan pameran), Saban Anac (akuntan), Murat Sencan (pekerjaan kaum muda) dan Özil Mert (sekretaris) dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *