Masjid Baitul Futuh

Masjid Baitul Futuh

Masjid Baitul Futuh juga dikenal sebagai Masjid Morden karena kompleks masjid berada di Morden, London. Masjid Baitul Futuh adalah salah satu masjid terbesar di Eropa Barat. Di bangun selesai pada tahun 2003 dengan biaya £ 15 juta, dana seluruhnya dari sumbangan Muslim Ahmadi Inggris, kompleks masjid mampu menampung 13.000 orang.

Masjid Baitul Futuh 1

Sumber : en.wikipedia.org

Masjid utama memiliki ketinggian 23 m di atas tanah, dan untuk memaksimalkan kapasitas bangunan memanjang di bawah tanah. Baitul Futuh terletak di pinggiran London selatan, yaitu London Borough of Merton.

Arsitektur

Baitul Futuh memiliki arsitektur Inggris modern. Kompleks Baitul Futuh termasuk masjid dan blok administrasi. Fitur desain yang menonjol dari masjid adalah “kubah perak berkilauan” berdiameter 18 meter yang terbuat dari stainless steel (seperti yang diulas oleh Exploring Surrey’s Past). Di dalam masjid di ruang sholat atas, kaligrafi Arab perak yang dilukis dengan tangan dari Al-Quran melapisi interior kubah. Dua ruang sholat atas (atas tanah) dan bawah (bawah tanah) masjid ini memiliki ruang seluas 28m x 36m. Dinding luar masjid dibuat dengan ubin marmer yang dipoles. Panel kaca besar membuat pintu masuk ke masjid. Masjid ini dirancang dari bawah ke atas, aula multi-fungsi yang berdampingan direnovasi dari sebuah bangunan susu terlantar yang ada. Cerobong situs asli diubah menjadi menara 35 m yang ditampilkan di sebelah kanan.

Masjid Baitul Futuh 2

Sumber : soundtech.co.uk

Studio arsitektur Oxford Sutton Griffin merancang kompleks dan Carter Jonas merancang masjid dengan Asosiasi Muslim Ahmadiyah. Desain Baitul Futuh bertujuan untuk menggabungkan arsitektur Inggris modern, dan desain bangunan ramah lingkungan sehingga memenangkan Penghargaan Hijau yang bergengsi. Arsitek ternama John McAslan dan Partners, terkenal karena stasiun King’s Cross dan The Roundhouse di London, dipilih untuk merancang blok administrasi besar di lokasi blok sebelumnya yang rusak oleh kebakaran hebat pada 2015.

Masjid Baitul Futuh 3

Sumber : havehalalwilltravel.com

Masjid Baitul Futuh terpilih sebagai salah satu dari ’50 Bangunan Terbaik di Dunia’ oleh majalah Spectator. Masjid ini juga terdaftar dalam ’50 Bangunan Religi Modern Terbaik’ yang diterbitkan oleh surat kabar The Independent.

Masjid Baitul Futuh di Morden adalah bagian dari acara arsitektur Open House London, acara tahunan pada bulan September yang mengakui desain bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *