Luar Biasa !!! 7 Interior Masjid Terindah di Dunia

Luar Biasa !!! 7 Interior Masjid Terindah di Dunia

Interior masjid terindah di dunia bisa ditemukan di masjid terindah di beberapa negara di dunia. Keindahan interior masjid tidak hanya dilihat dari desainnya saja, tetapi ada faktor-faktor lain yang memberikan keindahan di dalam interior masjid. Faktor-faktor keindahan interior masjid terindah di dunia antara lain ornamen, dekoratif, warna cat, dan lain-lainnya. Di dunia ini ada beberapa masjid yang memiliki interior terindah yang sangat mengagumkan. Interior masjid-masjid apa saja mari kita simak di bawah ini.

Interior Masjid Nasir al Mulk, Iran

sumber : https://www.merdeka.com/

Interior Masjid Nasir al Mulk, Iran masuk kategori interior masjid terindah di dunia dengan beberapa alasan, diantaranya memiliki kaca jendela dengan mozaik yang berwarna-warni, ketika di pagi hari sinar matahari menyinari jendela, maka sinar tersebut memancarkan cahaya berwarna merah muda ke dalam ruangan masjid. Kemudian faktor berikutnya yang membuat interior menjadi indah adalah permadani Persia dengan warna yang harmonis sehingga interor masjid semakin terlihat megah. Sang arsitek Muhammad Hasan-e-Memar dan Muhammad Reza Kashi Paz-e-Shirazi, menerapkan kaca patri yang luas pada fa├žade dan elemen tradisional lainnya seperti lima cekungan yang terlihat pada langit-langit interior masjid. Cekungan ini memiliki filosofi rukun Islam, dan menjadi desain yang umum digunakan pada masjid-masjid tradisional di Iran.

Keindahan interior masjid ini juga terjadi karena faktor bahan material bangunan yang digunakan seperti dominasi ubin-ubin dan batu yang didisain sedemikian rupa. Gaya arsitektur eropa yang melekat pada bentuk tiang-tiang yang kokoh sejajar dengan jendela kaca patri semakin menambah keindahan masjid ini.

Interior Masjid Ayman Kadyrova, Rusia

sumber : https://pwmu.co/

Interior masjid terindah di dunia kali ini ada di Masjid Ayman Kadyrova, Rusia. Di bagian dalam, Masjid Aymani Kadyrova tak kalah indah dan mengejutkan dibanding bagian luarnya. Jika dilihat, ada ukiran nama Tuhan yang sangat diterangi di kubah. Kemudian ada lampu gantung yang megah berbentuk bulan sabit. Diameternya 31 meter dan berat 5 ton. Masjid ini terdiri empat lantai. Tiga bagian bawah disediakan untuk pria dan yang atas untuk wanita, dan mengarah ke pintu masuk terpisah. Di lorong bawah tanah yang menuju ke gedung, pengunjung dapat melihat kata mutiara dari ulama Muslim yang hebat.

Interior Masjid Wilayah, Malaysia

sumber : https://mosqpedia.org/

Interior Masjid Wilayah, malaysia sungguh menakjubkan. Interior masjid terindah di dunia ini memiliki gaya arsitektur Ottoman, India, Iran, Maroko, dan Melayu. Ruang utama sholat yang berkapasitas 17.000 orang ini memiliki fitur dan ornamen yang sangat indah. Pada mihrab ada tatanan batu semi mulia yang tertanam di marmer berukir. Pada lantai keempat ruang sholat wanita ada ruang ganti, dan ada tumpukan Al-Quran, kitab suci Islam yang ditempatkan di dalam ruang ganti. Interior ruang ini terdapat ukiran kayu rumit dengan pola bunga.

Interior Masjid Vakil, Iran

sumber : https://iloveproperty.id/

Interior Masjid Vakil, Iran masuk kategori interior masjid terindah di dunia. Masjid ini memiliki arsitektur yang luar biasa dan desain interior yang menggumkan, mulai dari ukiran, ubin warna-warni, dan lain-lainnya. Mihrab atau ceruk setengah lingkaran di dinding Masjid, dan Marmer Minbar atau mimbar di masjid memiliki desain dan ornamen yang sangat indah. Interior indah tidak hanya di dalam ruangan sholat saja, tetapi pada langit-langit pintu masuk juga sangat indah yang dilukis dengan ubin dari bunga dan kacang-kacangan, serta garis Kofic yang indah.

Interior Masjid Faisal, Pakistan

sumber : https://ganaislamika.com/

Interior masjid terindah di dunia selanjutnya dimiliki oleh interior Masjid Faisal Pakistan. Di aula tempat shalat utama, atap datar delapan sisinya sangat tinggi, mencapai ketinggian 40 meter, dia ditopang oleh empat kolom beton raksasa, dibutuhkan teknik membangun dengan kecapakan tingkat tinggi untuk dapat membangunnya. Dinding-dinding masjid ditempeli oleh marmer putih dengan ornamen-ornamen mosaik yang digambar oleh kaligrafer Pakistan, Sadeqain. Selain itu, di sisi-sisi dinding terdapat lampu-lampu bergaya Turki yang mengesankan.

Interior Masjid Shah Cheragh, Iran

sumber : https://yomadic.com/

Masjid Shah Cheragh memiliki keunikan pada bangunan mayoritas interiornya yang terbuat dari kaca dan cermin. Interior kaca ini mulai dibuat di era pemerintahan Ratu Tashi Khatun. Gagasan supaya cahaya dapat memantul seribu kali lipat, maka interior masjid ini di bangun dari kaca dan cermin. Masjid Shah Cheragh terdiri dari jutaan cermin kecil yang memantulkan cahaya dari segala arah, sehingga menimbulkan kesan layaknya berlian. Sehingga interior masjid ini menjadi interior masjid terindah di dunia.

Interior Masjid Sheikh Zayed, Uni Emirat Arab

interior masjid terindah di dunia

sumber : https://muslimobsession.com/

Interior masjid terindah di dunia yang paling menakjubkan adalah interior Masjid Sheikh Zayed, Uni Emirat Arab. Tidak hanya interior masjid, eksterior dan area masjid ini semuanya di bangun indah luar biasa bak istana raja yang sangat mewah dan megah. Interior masjid ini salah satunya adalah kaligrafi yang di desain oleh seniman global yang diawasi ketat oleh kaligrafer dari Uni Emirat Arab, Suriah dan Yordania. Kaligrafi ini ditulis dalam tiga jenis kaligrafi Arab, semua ditenun dengan indah menjadi desain yang luar biasa.

Sealain kaligrafi, dekoratif interior masjid adalah tujuh lampu kristal Swarovski berlapis emas terbesar di dunia. Kemudian ada karpet terbesar di dunia, berukuran lebih dari 5.625 meter persegi. Di desain dari 35 ton wol dan 12 ton kapas oleh 1.300 pengrajin Iran, karpet bernilai sekitar $ 8 juta.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *