Bagian-bagian dalam Sebuah Masjid

Bagian-bagian dalam Sebuah Masjid

Undangan untuk Menjelajahi Interior Masjid

Jika Anda belum pernah mengunjungi masjid, ini adalah undangan Anda untuk masuk ke dalam salah satu masjid terindah di dunia untuk tur pribadi. Kami meminta seorang fotografer dan seorang videografer untuk melakukan perjalanan untuk melihat Masjid Suleymaniye di Istanbul, Turki, sehingga kami dapat membawa pengalaman berada di sana untuk Anda.

Masjid Suleymaniye dirancang oleh arsitek Sinan pada abad keenam belas untuk menghormati Sultan Ottoman Suleyman yang Agung. Ini adalah contoh indah dari arsitektur religius Islam klasik dan menampilkan beberapa elemen yang ditemukan di semua masjid.

Ruang Terbuka untuk Doa Jamaah

Bagian-bagian dalam Sebuah Masjid 1

sumber : https://www.imb.org

Masjid-masjid dibangun untuk memfasilitasi tempat ibadah umat Islam, khususnya untuk menyediakan ruang untuk sholat berjamaah. Salat, atau doa ritual, adalah salah satu aspek utama dari praktik Islam dan merupakan pilar kedua Islam. Umat ​​Islam diharuskan shalat lima kali sehari. Meskipun mereka diizinkan untuk berdoa di mana saja, berdoa bersama sebagai sebuah jamaah lebih disukai bila memungkinkan untuk melambangkan persatuan komunitas Islam. Jadi, tuntutan arsitektur utama untuk sebuah masjid adalah bahwa masjid itu harus memiliki ruang sentral yang besar bagi banyak pria untuk berkumpul bersama untuk sholat, terutama pada hari Jumat.

Kaligrafi Suci Ayat-ayat Al-Qur’an

Bagian-bagian dalam Sebuah Masjid 2

sumber : https://www.imb.org

Banyak orang terkejut mengetahui bahwa beberapa elemen yang kita asosiasikan dengan arsitektur masjid klasik sebenarnya diilhami oleh desain gereja-gereja Kristen. Atribut paling menakjubkan dari Masjid Suleymaninye adalah kubah utama yang ditembus dengan jendela-jendela yang menerangi interior bangunan yang diilhami oleh desain Hagia Sophia, sebuah gereja terdekat yang dibangun pada abad keenam. Sinan mempelajari struktur Hagia Sophia dan memasukkan banyak elemen arsitekturalnya ke dalam desain masjid ini dan yang lainnya menyukainya. Gaya Sinan kemudian memengaruhi generasi arsitek Islam setelahnya.

Meskipun desain kubahnya mirip dengan gereja Bizantium, dekorasinya jelas Islami. Lukisan emas di tengah kubah menampilkan kaligrafi suci yang menggabungkan sebuah ayat dari Al-Qur’an yang mengatakan, “Sesungguhnya, Allah memegang langit dan bumi, jangan sampai mereka berhenti.” Tidak semua masjid memiliki kubah pusat, tetapi bagian dalamnya. dekorasi selalu menampilkan ayat-ayat dari Al-Qur’an atau nama-nama Tuhan dalam bahasa Arab.

Fasilitas Wudhu untuk ritual bersuci sebelum Sholat

Bagian-bagian dalam Sebuah Masjid 3

sumber : https://www.imb.org

Salah satu praktik Islam penting yang diperlukan agar doa dapat diterima oleh Allah adalah ritual penyucian. Orang Muslim harus mencuci tangan, lengan, wajah, dan kaki mereka sebelum salat. Pada periode klasik, air mancur wudhu berada di halaman atau di sepanjang sisi bangunan masjid. Di masjid-masjid modern, mereka dapat ditemukan di bagian dalam kompleks masjid.

Lantai berkarpet

Bagian-bagian dalam Sebuah Masjid 4

sumber : https://www.imb.org

Muslim selalu melepas sepatu mereka sebelum memasuki masjid untuk sholat. Desain yang dirajut ke karpet membantu pria berdiri dalam barisan yang teratur selama sholat. Masjid tidak pernah memiliki kursi atau bangku seperti gereja, karena ketika Muslim berdoa mereka pindah. Berdiri, membungkuk, berlutut, dan menyentuh dahi ke lantai semua gerakan diintegrasikan ke dalam doa ritual Islam.

Mihrab

Bagian-bagian dalam Sebuah Masjid 5

sumber : https://www.imb.org

Ceruk marmer yang ditunjukkan di atas disebut mihrab dan ini menunjukkan arah yang harus dihadapi umat Islam saat berdoa. Umat ​​Islam diharuskan shalat ke arah Mekah, tempat Ka’bah berada. Ka’bah adalah tempat suci umat Islam yang paling suci karena menandakan “Rumah Allah” dan dianggap sebagai takhta kehadiran ilahi di sekitar mana semua ciptaan berbalik.

Mimbar dan Kursi

Bagian-bagian dalam Sebuah Masjid 6

sumber : https://www.imb.org

Mimbar adalah platform mengangkat di mana para imam memberikan khotbah pada hari Jumat dan selama acara-acara khusus seperti Ramadhan dan Pesta Kurban. Sementara kursi (ditunjukkan di atas) digunakan oleh para cendekiawan Islam untuk memberikan ceramah tentang agama dan makna Al-Qur’an, kitab suci Islam. Pesta Ramadhan merayakan wahyu Al-Qur’an kepada nabi Muhammad pada abad ketujuh.

Area Doa Wanita

Bagian-bagian dalam Sebuah Masjid 7

sumber : https://www.imb.org

Islam melarang pria dan wanita untuk berdoa bersama. Jadi, masjid selalu menyediakan tempat di mana wanita bisa shalat terpisah dari pria. Di beberapa masjid, wanita memiliki ruang terpisah untuk sholat. Tetapi di masjid-masjid klasik seperti Suleymaniye, bagian wanita berada di belakang layar dekoratif di belakang masjid. Wanita tidak diundang untuk menghadiri sholat berjamaah pada hari Jumat, hari paling suci dalam seminggu bagi umat Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *