Masjid Tertinggi Di Dunia

Masjid Tertinggi Di Dunia

Segala tempat ibadah mengikuti aturan Islam dianggap sebagai masjid, apakah itu dilakukan di gedung khusus atau area terbuka. Setiap tempat ibadah terbuka atau informal dikenal sebagai Musalla, dan sebuah masjid yang digunakan untuk sholat bersama pada hari Jumat dikenal sebagai Jami. Biasanya, masjid memiliki area terpisah untuk wanita dan pria, dan selama bertahun-tahun, masjid memiliki bentuk yang berbeda tergantung pada denominasi, periode, dan wilayah.

Masjid Hassan II

Masjid Tertinggi Di Dunia 1

sumber : https://www.worldatlas.com

Masjid Hassan II berada di Casablanca, kota terbesar di Maroko. Masjid ini adalah yang terbesar di Afrika dan salah satu masjid terbesar di dunia. Saat ini masjid tersebut merupakan masjid tertinggi di dunia dengan menara mencapai ketinggian 689 kaki. Masjid ini dibangun oleh Bouygues, dan dirancang oleh Micheal Pinseau. Pembangunan masjid selesai pada tahun 1993, dan menara setinggi bangunan 60 lantai. Masjid ini memiliki atap yang dapat dibuka dan kapasitas maksimum 105.000 jamaah, dari mana 25.000 dapat ditampung di dalam aula masjid sementara 80.000 lainnya dapat ditampung di tanah luar masjid.

Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz

Masjid Tertinggi Di Dunia 2

sumber : https://www.worldatlas.com

Masjid Biru atau Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah berada di kota Shah Alam di Malaysia, dan sejauh ini merupakan masjid terbesar di Malaysia dan terbesar kedua di Asia Selatan setelah Masjid Istiqlal di kota Jakarta, Indonesia. Masjid ini adalah yang tertinggi kedua di dunia, mencapai ketinggian 460 kaki. Mantan Sultan Abdulaziz menugaskannya pada 14 Februari 1974; pada tanggal yang sama ia menjadikan Sha Alam sebagai ibu kota baru negara bagian Selangor. Dimulainya pembangunannya pada tahun 1982 dan selesai pada 11 Maret 1988.

Masjid Mosalla

Masjid Tertinggi Di Dunia 3

sumber : http://www.caoi.ir

Masjid Mosalla atau Masjid Grand Mosalla ditemukan di Teheran, Iran, dan saat ini masjid tertinggi ketiga di seluruh dunia mencapai 446 kaki. Pembangunan masjid selesai pada tahun 2006. Masjid ini menyediakan ruang yang luas yang dapat mengakomodasi program perusahaan dan kegiatan lainnya.

Masjid Agung Al-Fateh

Masjid Tertinggi Di Dunia 4

sumber : https://www.worldatlas.com

Masjid Agung Al-Fateh terletak di Al-Manamah, ibu kota Bahrain. Ini adalah masjid tertinggi keempat di dunia yang mencapai ketinggian 427 kaki dan meliputi area seluas 69.965 kaki persegi. Masjid ini dapat menampung rata-rata 7.000 jamaah, dan dinamai setelah raja pertama Bahrain, Ahmed Al Fateh, yang juga nenek moyang keluarga penguasa Al Khalifa di Bahrain. Itu dibangun oleh Sheik Issa Salman al Khalifa pada tahun 1987 dan selesai pada tahun 1988.

Masjid Putra

Masjid Tertinggi Di Dunia 5

sumber : https://www.shoreexcursions.asia

Masjid Putra berada di kota Putrajaya di Malaysia, dan diperingkat sebagai masjid tertinggi kelima di dunia. Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 1999, memiliki ketinggian 380 kaki di atas tanah. Di depan masjid adalah sebuah kotak besar yang memiliki tiang bendera yang mengibarkan bendera Negara. Masjid ini memiliki tiga area fungsional yang terdiri dari ruang sholat, halaman atau Sahn, dan kamar dengan fasilitas belajar yang berbeda. Masjid ini memiliki kapasitas 15.000 jamaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *