Masjid Paling Indah di Dubai II

Masjid Paling Indah di Dubai II

4. Masjid Iran (Masjid Imam Hossein)

Masjid Paling Indah di Dubai II 1

Sumber : shiafollowers.com

Terletak di Al Wasl Road di Jumeirah, ini adalah salah satu masjid Syiah paling terkenal di Dubai dan didirikan oleh komunitas Iran di Dubai, pada 1979, dengan bantuan Bulan Sabit Merah Iran. Arsitekturnya terinspirasi oleh quasi-Fatimid dengan pengaruh Persia. Bagian luar masjid dan kubahnya ditutupi ubin biru tradisional, mirip dengan arsitektur dan desain Rumah Sakit Iran yang terletak di seberang jalan. Interiornya berbagi ubin biru mencolok yang sama dengan aksen hijau dan emas, dengan tulisan Arab di atasnya. Masjid ini memiliki beberapa aula, termasuk perpustakaan besar dengan buku-buku tentang berbagai topik dan bahasa termasuk bahasa Arab, Persia, Urdu, dan Inggris. Pengunjung non-Muslim diizinkan masuk ke masjid dengan tur berpemandu (4 kali per minggu).

5. Masjid Iran (Masjid Ali In Abi Talib)

Masjid Paling Indah di Dubai II 2

Sumber : en.wikipedia.org

Masjid kedua dari dua masjid Iran paling terkenal di Dubai juga layak mendapat tempat dalam daftar ini karena arsitektur dan budayanya yang menakjubkan. Masjid ini juga terletak di distrik Bur Dubai di Dubai, dekat souk tekstil lama, dan mewakili arsitektur bergaya Persia. Eksterior dan kubahnya dirancang dengan karya ubin faience Persia yang luas, dan latar belakang biru yang menenangkan dengan pola bunga. Hijau, kuning, dan merah adalah warna paling umum lainnya yang akan Anda temukan di sini, bersama dengan kaligrafi kutipan Alquran yang digambar dalam pusaran indah.

6. Masjid Al Salaam

Masjid Paling Indah di Dubai II 3

Sumber : flickr.com

Jika Anda mencari masjid terdekat di Dubai saat berada di area Al Barsha, masjid ini adalah pemandangan yang patut dilihat. Terletak di dekat Mall of Emirates, arsitektur merahnya yang menakjubkan dipengaruhi oleh bangunan-bangunan kuno Turki, menghasilkan perpaduan budaya dan desain Ottoman dan Emirati. Ini menjadikannya salah satu masjid paling unik di UEA, dan apa yang membuatnya menonjol terhadap semua bangunan lainnya. Bagian luar juga menampilkan aksen putih, serta kubah emas dan balkon di menara.

Masjid ini merupakan tambahan baru ke daerah Al Barsha, yang telah dibuka pada tahun 2014 oleh Yang Mulia Shaikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai. Ini memiliki kapasitas untuk menampung 1500 jamaah dan merupakan tempat yang damai dengan pencahayaan yang indah untuk waktu yang tenang dan refleksi keagamaan.

7. Masjid Al Rahim

Masjid Paling Indah di Dubai II 4

Sumber : dubaimarina.ae

Berjalan di sepanjang tepi Dubai Marina, dan Anda akan menemukan Masjid Al Rahim, salah satu tempat sholat paling indah di Dubai. Setelah konstruksi empat tahun, dibuka pada 2013 dan merupakan satu-satunya masjid di Marina. Memiliki fitur ruang sholat untuk pria dan wanita, daerah wudhu, madrasah, dan perpustakaan Islam. Bagian luar menampilkan menara dan kubah, yang menjadi lebih menakjubkan di malam hari ketika lampu dari gedung pencakar langit di dekatnya jatuh di atasnya, memandikannya dalam warna biru dan putih.

8. Masjid Khalifa Al Tajer

Masjid Paling Indah di Dubai II 5

Sumber : wamda.com

Khalifa Al Tajer baik dan benar-benar layak mendapatkan gelar masjid paling unik di UEA, karena itu adalah masjid ramah lingkungan pertama di negara ini. Terletak di Bur Saeed Street di lingkungan Deira Dubai, itu membuka pintunya untuk kapasitas 3500 jamaah pada tahun 2014.

Desain masjid yang ramah lingkungan ini menampilkan stasiun wudhu dengan teknologi hemat air, sistem isolasi termal hemat energi, panel surya, lampu dan fiting hemat energi, dan pendingin udara yang mengeluarkan gas rumah kaca yang lebih rendah. Meskipun masjid ini didekorasi dengan sangat indah, mungkin terlihat “sederhana” dibandingkan dengan masjid-masjid lain dengan ukuran seperti ini di Dubai. Ini juga agar masjid bisa tetap ramah lingkungan karena arsitektur sederhana masjid Bedouin Emirati secara drastis mengurangi biaya dan energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *