Masjid Carol I

Masjid Carol I

Masjid Agung Constanța (Rumania: Marea Moschee din Constanța), awalnya dikenal sebagai Masjid Carol I (Rumania: Moscheea Carol I), adalah sebuah masjid di Constanța, Rumania. Masjid Carol I terdaftar sebagai monumen bersejarah oleh Institut Monumen Sejarah Nasional Rumania. Masjid ini disebut oleh komunitas Islam Constanța sebagai Masjid Raja (Rumania: Geamia Regelui, Turki: Kral camisi)

Masjid Carol I 1

sumber : https://en.wikipedia.org

Sejarah

Masjid Agung Constanța berdiri di lokasi bekas Masjid Mahmudia (Geamia Mahmudia), dibangun pada tahun 1822 oleh Hafız Hüsseyin Pașa dan dinamai Sultan Ottoman Mahmud II. Masjid Agung Konstanța ditugaskan pada tahun 1910 oleh Raja Rumania Carol I. Konstruksi dimulai pada tanggal 24 Juni 1910 dengan landasan pertama diletakkan di hadapan Spiru Haret, Menteri Agama Kontemporer Rumania; Sefa Bey, duta besar Ottoman kontemporer di Bucharest; dan konsul Utsmani di Konstanța. Proyek ini didanai oleh Pemerintah Rumania dan pengusaha Ion Neculcea, dan selesai konstruksi pada tahun 1912.

Masjid Carol I 2

sumber : https://en.wikipedia.org

Masjid ini secara resmi diresmikan oleh Carol I pada tanggal 31 Mei 1913. Selama upacara, Sultan Mehmed V menganugerahkan Ordo Medjidie atas kepala arsitek Victor Ștefănescu. Raja Carol I juga memberi hadiah Ștefănescu dengan arloji

Arsitektur

Masjid ini dibangun dengan gaya Neo-Mesir dan Neo-Bizantium dengan elemen arsitektur Neo-Romawi. Perancangnya, George Constantinescu, menjadi model masjid setelah Masjid Konya di Anatolia (Turki). Victor Ștefănescu menjabat sebagai kepala arsitek untuk proyek tersebut. Para kontraktor menggunakan bahan-bahan batu bata dan batu untuk masjid, dan beton bertulang untuk kubah dan menara. Masjid adalah struktur pertama di Rumania yang dibangun menggunakan beton bertulang. Portal utama dibangun menggunakan batu dari Dobrogea, sementara pintu di bawahnya terbuat dari marmer hitam bertatahkan perunggu. Kolom interior dibangun dari marmer dari Câmpulung.

Masjid Carol I 3

sumber : https://en.wikipedia.org

Menara ini dibangun dengan gaya Neo-Moor dan memiliki ketinggian 47 meter. Kubah memiliki ketinggian 25 meter dan diameter 8 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *