Masjid-masjid Islam di Vietnam I

Masjid-masjid Islam di Vietnam I

Islam pertama kali diperkenalkan ke Vietnam pada abad ke-7. Khalifah ketiga Othman bin Affan mengirim para penyembah dan pedagang Islam pertama ke Cina dan negara-negara Asia Tenggara. Dipercayai bahwa kaum Muslim benar-benar berhenti di kerajaan Champa yang sekarang menjadi pantai tengah dan selatan Vietnam tengah. Sumber daya lain mengklaim bahwa kontak pertama hanya terjadi kemudian sekitar abad ke-10 atau ke-11. Hanya sampai abad ke-17 ketika Champa dianeksasi ke Vietnam, Islamisme menjadi lazim di kalangan orang Cham. Islamisme dalam budaya Cham banyak dimodifikasi dibandingkan dengan agama asli. Secara umum, Islamisme di Vietnam disebut Cham Islam, mengambil porsi yang sangat kecil di seluruh populasi, hanya 0,075%.

Masjid-masjid Islam di Vietnam I 1

 

sumber : https://www.vietvisionholidays.com

Di pusat, itu adalah Cham Bani Islam yang merupakan Islamisme non-denominasi dan sangat dipengaruhi oleh budaya lokal dan agama Brahman. Islam Bani menjaga perdamaian dengan akar matriarki budaya asli dan liturgi diubah untuk beradaptasi dengan adat dan tradisi pertanian baru. Cabang ini hampir tidak ada hubungannya dengan dunia Islam. Islam Bani hanya dapat ditemukan di Vietnam dan di antara orang Cham dan sangat berbeda dengan Islamisme yang sebenarnya. Perubahan drastis Islam sejak pertama kali datang ke Vietnam adalah bukti terkuat dari vitalitas budaya lokal.

Masjid-masjid Islam di Vietnam I 2

sumber : https://www.tripadvisor.com

Di selatan, itu Cham Islam yang sangat dekat dengan denominasi Sunni dengan hampir tidak ada pengaruh dari budaya lokal dan sering berhubungan dengan komunitas Islam di Kamboja dan Malaysia. Orang-orang Cham bermigrasi ke selatan ke kerajaan Chendla di selatan dan bertemu dengan orang Islam Jawa yang tinggal di sini. Chendla terpapar ke dunia Islam lebih dari Champa sehingga agama di sini tidak terlalu terlokalisasi. Orang Cham (bersama dengan orang Jawa) pindah dari Chendla ke An Giang dan Tay Ninh, terus mempromosikan agama. Cham sering pergi ke Malaysia untuk mempelajari doktrin Islam melalui interpretasi mereka.

Di Vietnam, ada lebih dari 40 suaka dan 25 surah. Islami di Vietnam kebanyakan tinggal di Kota Ho Chi Minh dan An Giang karena itu tempat suci terbesar juga terletak di daerah-daerah ini.

Masjid Jamia Al-Noor, Hanoi

Masjid-masjid Islam di Vietnam I 3

sumber : https://www.bintbattutadiaries.com

Masjid Al Noor (The Mosque of Enlightenment) adalah satu-satunya masjid Islam di Vietnam utara, yang terletak di jalan 12 Hang Luoc, Hoan Kiem, Hanoi. Ini adalah masjid Islam kedua yang pernah dibangun di Vietnam pada tahun 1890, menjadikan usia masjid lebih dari seratus tahun. Masjid dicat putih dan dihiasi dengan fitur dan simbol arsitektur Islam yang sangat khas. Sebuah doa diadakan selama satu jam antara pukul 12:30 hingga 13:30 setiap hari Jumat menarik ratusan orang percaya dari seluruh Hanoi dan bahkan provinsi lainnya. Ada sekitar 55 orang percaya Vietnam dan sisanya adalah pejabat kedutaan negara-negara Islam. Suatu hal yang istimewa adalah bahwa masjid memiliki tempat suci pribadi bagi wanita untuk datang dan mengirim doa mereka. Kehidupan bagi wanita Islam di Hanoi juga lebih mudah: mereka tidak harus menutupi muka, dan diizinkan untuk melakukan bisnis dan pergi sendirian.

Bersambung……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *