Masjid Islamic Center Amerika Utara

Masjid Islamic Center Amerika Utara

Pada tahun 1979, Masyarakat Islam Amerika Utara (ISNA), sebuah gabungan dari Asosiasi Mahasiswa Muslim yang didirikan pada tahun 1963, mengundang arsitek Gulzar Haider untuk merancang masjid markas besar bagi masyarakat di Plainfield. Masjid ini selesai pada tahun 1981 dan telah digunakan sejak tahun 1982, dan termasuk ruang sholat, perpustakaan, dan kantor administrasi.

Masjid Islamic Center Amerika Utara 1

sumber : https://archnet.org

Masjid ini terletak di antara ladang jagung dan didekati dengan jalan masuk yang panjang. Rencananya didasarkan pada alun-alun dan subdivisi, dan ketinggian eksterior terdiri dari sebuah kubus pusat yang dikelilingi volume persegi panjang berbagai ketinggian. Eksterior bata sebagian besar tanpa hiasan dan rusak oleh deretan jendela persegi panjang standar dan jendela berbentuk lubang kunci, serta empat jendela besar berlantai dua.

Masjid Islamic Center Amerika Utara 2

sumber : https://archnet.org

Sebuah halaman beraspal dengan persegi panjang beton dan batu bata, dengan air mancur, membentang di sepanjang sisi barat laut masjid. Secara eksternal, tidak ada elemen tradisional arsitektur Islam, dan masjid adalah contoh dari apa yang Omar Khalidi sebut sebagai “desain inovatif” dalam arsitektur masjid Amerika. Tidak ada menara, atau kubah eksternal yang terlihat, meskipun ada tiga kubah internal.

Masjid Islamic Center Amerika Utara 3

sumber : https://archnet.org

Rencana aula doa terdiri dari dua kotak yang dikenakan satu sama lain, membentuk bintang berujung delapan. Sebuah kubah pada drum dua lantai dipusatkan di atas aula doa. Seperti eksterior, interiornya polos dan kurang ornamen. Jendela bundar besar dengan motif geometris membiarkan cahaya masuk ke ruang interior dan menampilkan bayangan bentuk geometris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *