Masjid e-Tooba di Pakistan

Masjid e-Tooba di Pakistan

Masjid e-Tooba yang terletak di jalan Korangi tua Karachi Sindh dibangun oleh Otoritas Rumah Pertahanan (DHA) Karachi. Arsitekturnya sangat menakjubkan bagi para pengunjung. Di desain oleh Dr. Babar Hamid (Arsitektur Chartered). Pembangunan Masjid e-Tooba memakan waktu hampir tiga tahun untuk menyelesaikannya mulai dari tahun 1966 dan berakhir pada bulan November 1969 mencakup area seluas 5570 kaki persegi. Dan kubah Masjid e-Tooba dikenal sebagai salah satu kubah tunggal terbesar di dunia, yang memiliki diameter kubah 5148 kaki, dan tinggi menara 120 kaki.

Masjid e-Tooba di Pakistan 1

sumber : https://www.discover-pakistan.com

Bahan seperti cermin di ubin putih beton busa digunakan untuk material bangunan Masjid-e-Tooba agar lebih indah dan menarik bagi para pengunjung. Masjid e-Tooba Memiliki desain sederhana dan indah, seperti di depan Masjid-e-Tooba dibangun air mancur, kemudian tempat wudhu tersedia untuk lebih dari 5000 orang dapat melakukan wudhu pada saat yang sama. Pintu masuk di area kubah terbuka dari sisi yang berbeda untuk memudahkan orang datang dan pergi dari sisi lain, selain itu yang menakjubkan dari struktur Masjid e-Tooba adalah tidak memiliki pilar di tengah untuk menopang berat kubah tunggal yang tinggi, tetapi hanya dibangun di dinding sekitarnya yang rendah.

Masjid e-Tooba di Pakistan 2

sumber : https://www.discover-pakistan.com

Sungguh menakjubkan bahwa satu kubah besar tidak memiliki topangan di tengah. Ada teras yang juga digunakan untuk sholat dan memiliki halaman rumput yang luas. Kapasitas untuk sholat di aula utama adalah 5000 jamaah. Teras memiliki daya tampung 80000 jamaah, dan pekarangan berkapasitas 30000 jamaah.

Masjid e-Tooba di Pakistan 3

sumber : http://dhatoday.com

Masjid-e-Tooba juga dikenal sebagai Masjid Gol karena kubah tunggalnya. Kubah ramah suara, jika anda berada di satu sisi kubah dan berbicara dengan orang yang berdiri di sisi lain kubah sehingga ia mendengarkannya dengan mudah, ini karena pantulan suara atau ramah suara. Masjid-e-Tooba tidak dirancang dengan karya seni mewah atau bahan mahal lainnya melainkan hanya dihiasi dengan cermin yang membuatnya mengesankan bagi semua orang.

Masjid e-Tooba di Pakistan 4

sumber : https://beautifulkarachi.zohosites.com

Sisi luar kubah, air mancur digunakan untuk dekorasi kubah. Orang-orang yang datang tidak hanya untuk sholat saja, tetapi orang-orang yang datang berasal dari negara dan kota lain (pengunjung, turis) untuk melihat masjid indah ini. Masjid e-Tooba mampu memberikan ketenangan pikiran dan jiwa bagi orang-orang yang berkunjung di sana untuk melaksanakan sholat lima waktu dalam sehari dan juga membaca Al Quran setiap hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *