Masjid Indah di Belanda

Masjid Indah di Belanda

Belanda adalah negara yang paling mewah dengan saluran air kanal yang indah dan monumen arsitektur yang indah. Ia memiliki sejarah yang kaya dan beragam yang digambarkan dengan jelas dalam berbagai struktur yang layak dipuji. Banyak orang mungkin bertanya-tanya ada berapa masjid di Belanda. Ternyata ada lebih dari 400 masjid yang tersebar di banyak kota dan yang paling populer berada di Amsterdam, Rotterdam dan Harlem.

Masjid-masjid Belanda dapat dengan mudah diakses oleh para wisatawan Muslim untuk berdoa dan bahkan para penjelajah lainnya dapat mengunjungi masjid-masjid ini untuk mengagumi kerumitan arsitektur dari struktur-struktur ini. Berikut masjid terkenal di Belanda yang patut dikunjungi.

Masjid Mevlana

Masjid Indah di Belanda 1

sumber : https://traveltriangle.com

Masjid Mevlana adalah masjid agung yang didirikan pada tahun 2001 dan terletak di Amsterdam barat laut di sepanjang jalur yang luas. Masjid Mevlana sebagian besar melayani Muslim Turki-Belanda dan dinamai Rumi. Menara dan kubah indah yang ditampilkan oleh masjid ini telah membuatnya mendapatkan gelar masjid yang paling indah di Rotterdam pada tahun 2006.

Masjid Ulu

Masjid Indah di Belanda 2

sumber : https://traveltriangle.com

Masjid Ulu idealnya terletak di Lapangan Masjid di Utrecht, yang merupakan jalan pertama di Belanda yang diberi nama dengan mengambil inspirasi dari bangunan keagamaan Islam. Ini rumah aula doa Islami yang indah di mana orang dapat menyaksikan ratusan Muslim berdoa setiap hari. Masjid Ulu juga memiliki ruang terpisah yang dibuat dengan mengingat jumlah orang Yahudi dan Kristen di daerah sekitarnya. Di lantai dasar, ada beberapa toko yang menjual barang-barang keagamaan.

Masjid Essalam

Masjid Indah di Belanda 3

sumber : https://traveltriangle.com

Masjid Essalam adalah salah satu masjid terbesar di Belanda yang didekorasi dengan menara dan dimahkotai kubah. Ruang sholat yang ditampung oleh masjid ini dapat menampung hingga 1500 jamaah setiap hari. Ada kamar lain di dalam masjid yang juga didedikasikan untuk berbagai tujuan termasuk ruang administrasi, ruang pendidikan, ruang acara budaya dan ruang kegiatan sosial. Sisi barat bangunan memiliki pintu masuk yang mengarah ke area utama tengah dan mihrab yang berbentuk setengah lingkaran.

Masjid Selimiye

Masjid Indah di Belanda 4

sumber : https://traveltriangle.com

Masjid Selimiye adalah salah satu masjid paling modern di Belanda yang memiliki kubah kaca berkelas. Meskipun desain arsitekturnya jauh lebih modern jika dibandingkan dengan masjid-masjid lain di Belanda, prinsip-prinsip dasar dan referensi untuk simbolisme dan geometri tetap sama dengan masjid tradisional bersejarah. Angka 40 sangat signifikan dalam budaya Islam dan mempertimbangkan hal ini, kubah masjid Selimiye dirancang sedemikian rupa untuk memuat 40 panel kaca segitiga.

Masjid El Tawheed

Masjid Indah di Belanda 5

sumber : https://traveltriangle.com

Masjid El Tawheed adalah salah satu masjid terkenal di Amsterdam Belanda. Masjid ini didirikan pada tahun 1986 dan idealnya terletak di bagian Barat-Lama Amsterdam di mana kerumunan Muslim maksimum kota terkonsentrasi. Masjid El Tawheed memiliki aula doa yang luas yang dapat menampung lebih dari 500 jamaah sekaligus. Masjid ini tetap ramai, terutama saat salat Jumat. Orang dapat melihat berbagai buku agama Islam, DVD dan CD di toko buku yang ada di dalam kompleks masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *