Masjid Bait ur Rouf di Bangladesh

Masjid Bait ur Rouf di Bangladesh

Bangladesh adalah negara yang berada di Asia Selatan, dan Islam sebagai agama terbesar di negara tersebut. Sehingga wajar jika keberadaan masjid disana juga banyak. Namun , ada sebuah bangunan masjid yang menarik perhatian banyak orang disana salah satunya adalah Masjid Bait ur Rouf di Dakha. Masjid tersebut selain indah juga memiliki arsitektur yang modern sehingga sangat berbeda dengan arsitektur masjid pada umumnya.

Masjid Bait ur Rouf di Bangladesh 1

sumber : https://www.dezeen.com

Masjid Bait ur Rouf dibangun pada 2012 di Dakha, Bangladesh oleh seorang arsitek yang bernama Marina Tabassum. Bangunan Masjid Bait ur Rouf dan arsiteknya telah berhasil mendapatkan penghargaan atas desain Masjid Bait ur Rouf yang memiliki arsitektur kontemporer yang indah setelah mempresentasikan pada upacara di Museum Victoria dan Albert di London.

Masjid Bait ur Rouf di Bangladesh 2

sumber : https://www.dezeen.com

Seorang seniman yang bernama Irak Mehdi Moutashar juga ikut mendapatkan penghargaan atas kerjasamanya dengan arsitek Marina Tabassum dalam membangun Masjid Bait ur Rouf. Para Juri menyatakan bahwa meskipun para finalis bekerja di dua bidang yang berbeda, keduanya menunjukkan “kombinasi yang sama antara kejernihan dan kecanggihan dalam menggambar pada tradisi Islam”

Masjid Bait ur Rouf di Bangladesh 3

sumber : https://www.dezeen.com

Masjid Bait ur Rouf terinspirasi oleh arsitektur Islam abad pertengahan dan merayakan tradisi Bengal. Ruang religius menjadi hidup dan kontemplatif melalui permainan geometri, abstraksi, cahaya, udara, dan air. Menampilkan pelapisan geometris ruang yang rumit dengan ruang doa persegi yang terdapat di dalam dinding silinder, ruang interior dikelilingi oleh persegi, bagian luar terakota. Semua dibangun menggunakan bahan-bahan lokal saja.

Masjid Bait ur Rouf di Bangladesh 4

sumber : https://www.dezeen.com

Ruang telah diciptakan untuk meditasi dan doa, Masjid Bait ur Rouf dibangun dari dana yang dikumpulkan oleh nenek arsitek Marina Tabassum dan komunitas lokal di Dhaka, yang berfungsi sebagai tempat perlindungan spiritual di kota perkotaan. Masjid Bait ur Rouf juga merupakan salah satu penerima Aga Khan Award 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *