Masjid Alperenler

Masjid Alperenler

Masjid Alperenler adalah masjid yang dibangun pada tahun 1996 di Rheinfelden (Baden). Ini berafiliasi dengan Uni Islam Turki dari Institut Agama (DITIB).

sumber : https://www.wikiwand.com

Sejarah

Kota industri Rheinfelden telah memiliki komunitas Islam Turki sejak 1960-an, yang saat ini memiliki sekitar 1.000 anggota. Pada tanggal 26 Oktober 1986, Komunitas Turki-Islam Rheinfelden didirikan dengan persetujuan pengadilan dari beberapa Muslim dari Turki yang tinggal di Rheinfelden. Tempat sholat pertama mereka dengan enam hingga tujuh kamar adalah di barak-barak karya transmisi tenaga Rheinfelden di kawasan industri Schildgasse di Rheinfelden. Pada tahun 1987 dewan asosiasi secara resmi dipilih untuk pertama kalinya. Biaya keanggotaan dan donasi memungkinkan untuk memperoleh situs 2.000 m² hari ini di area komersial seharga DM 180.000.

Pada musim gugur 2009, masjid tersebut menjadi berita utama internasional: seorang anggota dewan, bertentangan dengan persyaratan tegas pemerintah kota dalam izin bangunan, yang katanya tidak disadarinya, memiliki tiga pengeras suara dipasang di menara, di mana panggilan dilakukan untuk sholat Jumat. Setelah beberapa waktu kemudian, seorang warga Rheinfelden mengeluh kepada walikota, pers regional pada awalnya melaporkan. Karena kejadian ini terjadi dalam suasana hati yang memanas menjelang pemilihan di Swiss terdekat pada inisiatif populer federal “Melawan Pembangunan Menara”, media Swiss dan Jerman secara nasional mengambil insiden itu, beberapa di antaranya dilaporkan secara tidak benar. Surat-surat kepada editor dan sebagian sangat polemik, mungkin sebagian besar kontribusi non-lokal di forum online Badische Zeitung edisi lokal Rheinfelden mencapai rekor tertinggi. Namun, konflik dengan cepat diselesaikan dalam kerja sama antara pemerintah kota, Asosiasi Kristen-Islam di Rhine Atas dan Asosiasi Turki-Islam, yang segera membongkar lagi pengeras suara.

sumber : https://www.wikiwand.com

Program pembangunan masjid terdiri dari ruang sholat (untuk pria dan wanita di galeri), ruang kelas (sekolah Alquran), kantor, ruang santai, ruang kelompok untuk wanita, ruang pertemuan (digunakan oleh klub olahraga Turki, antara lain), toko bahan makanan Turki dan sebuah apartemen untuk keluarga Imam. Menara ditambahkan pada tahun 2004. Ubin keramik, lampu gantung, karpet, ceruk doa dan mimbar yang digunakan dalam pembangunan masjid berasal dari Turki, marmer yang digunakan dari Italia.

Menara memanggil beberapa dari mereka dengan suara manusia: setiap minggu sekali untuk sholat Jum’at dan pada hari libur besar Islam. Selain itu, kelas Alquran serta kelas agama dan etika umum untuk anak-anak berlangsung, dan pada akhir pekan dan selama liburan sekolah ada juga kelas les. Pelatihan Alquran untuk wanita diadakan tiga hari seminggu, termasuk pria dan Muslim Jerman jika perlu. Selain itu, klub sepak bola Turki menyelenggarakan malam olahraga dan menawarkan kepada kaum muda berbagai kegiatan rekreasi. Kelompok perempuan merawat para tamu, membersihkan masjid dan mengatur kelompok-kelompok perempuan yang ramah.

Kerabat Muslim yang meninggal didukung dengan formalitas untuk pemakaman di bidang kuburan Islam di pemakaman kota Rheinfelden (yang pertama di seluruh distrik Lörrach) atau untuk transfer ke negara asal mereka. Jika perlu, saran juga diberikan untuk mengatur pernikahan Islam dan perayaan sunat di masjid. Masjid ini juga berfungsi sebagai titik informasi untuk pesan dari konsulat Turki di Jerman dan Presidium untuk Urusan Agama kepada komunitas Muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *