Lima Interior Masjid Kontemporer dari Seluruh Dunia

Lima Interior Masjid Kontemporer dari Seluruh Dunia

Masjid Al Irsyad

Lima Interior Masjid Kontemporer dari Seluruh Dunia 1

sumber : https://www.commercialinteriordesign.com

Masjid Irsyad yang dirancang oleh Urbane terletak di Jawa Barat, Indonesia. Dengan kapasitas untuk menampung sekitar 1.000 orang, masjid ini dirancang untuk ‘berbaur’ dengan alam. Orang-orang yang mengelilinginya dapat melihat keluar dan menghargai pemandangan luar.

Masjid Chandgaon

Lima Interior Masjid Kontemporer dari Seluruh Dunia 2

sumber : https://www.commercialinteriordesign.com

Masjid Chandgaon oleh Kashef Mahboob Chowdhury terletak di Chittagong, Bangladesh. Arsitek mulai dengan mengidentifikasi elemen-elemen penting dari sebuah masjid untuk menciptakan bentuk dan artikulasi baru untuk tipologi yang kembali selama satu setengah milenium. Hasilnya adalah masjid monolitik dan cadangan ini, dikupas menjadi dua struktur berbentuk kubus yang identik.

Yang pertama adalah pelataran depan, dinding-dinding batu yang berat diselingi dengan bukaan rendah dan lebar ke lanskap sekitarnya, dengan bukaan besar seperti bulu mata di atasnya. Dalam volume kedua, dinding mihrab yang menyala secara alami diimbangi oleh kubah yang dipotong dan ikonik. Sementara lubang memberi rasa keterbukaan dan menarik cahaya dan ventilasi di siang hari, pada malam hari mereka membiarkan cahaya bersinar keluar dari masjid seperti suar.

Masjid Al Ansar

Lima Interior Masjid Kontemporer dari Seluruh Dunia 3

sumber : https://www.commercialinteriordesign.com

Dibuat bersama dengan Arsitek KD, Urbane memenangkan kompetisi nasional untuk meremajakan masjid Al Ansar yang sudah tua di Singapura. Maksud desain utama adalah untuk meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas masjid ke perkebunan di sekitarnya dengan meningkatkan porositas visual dan fisik bangunan yang ada, menjadikannya masjid yang benar-benar komunitas.

Sebuah plaza tanah besar, terlindung dari cuaca dan diisi dengan langkah-langkah besar dan landai diciptakan sebagai isyarat kota utama. Identitas masjid diperkuat dengan hubungan yang jelas antara lama dan baru. Yang baru, sementara itu dinyatakan dengan berani sebagai tambahan, juga dengan lembut merangkul yang lama dan mempertahankan pemisahan dengan serangkaian lubang udara dan ruang volume tinggi yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam bangunan.
Dibangun dari serangkaian struktur logam dan layar mesh yang tumpang tindih, itu membentuk pola Arabesque yang sangat rumit yang menyaring cahaya siang dan pemandangan ke ruang-ruang di dalamnya.

Masjid Sancaklar

Lima Interior Masjid Kontemporer dari Seluruh Dunia 4

sumber : https://www.commercialinteriordesign.com

Interior masjid Sancaklar yang terletak di Istanbul, Turki adalah ruang seperti gua yang sederhana, menjadi tempat yang dramatis dan menakjubkan untuk berdoa dan menyendiri bersama Tuhan. Celah dan retakan di sepanjang dinding Qiblah meningkatkan arah ruang shalat dan memungkinkan cahaya matahari masuk ke ruang shalat.

Proyek ini secara konstan memainkan ketegangan antara buatan manusia dan alami. Kontras antara tangga batu alam mengikuti kemiringan alami lanskap dan pelat beton bertulang tipis yang membentang lebih dari 6 meter untuk membentuk kanopi membantu meningkatkan hubungan ganda ini.

Masjid Sakirin

Lima Interior Masjid Kontemporer dari Seluruh Dunia 5

sumber : https://www.commercialinteriordesign.com

Surat kabar di Turki telah menyebut masjid ini sebagai masjid paling modern di negara ini. Ini juga merupakan masjid pertama yang dirancang oleh seorang wanita. Zeynep Fadıllıoğlu adalah arsitek di balik desain interior masjid, sementara Hüsrev Tayla adalah arsitek terkemuka.

Masjid ini menampilkan kaligrafi di bagian dalam kubah dan jendela besar di tiga sisi aula, yang dirancang oleh Orhan Koçan. Minbar dibuat dari bahan akrilik dan dirancang oleh Tayfun Erdoğmuş. Motif dekoratif berasal dari seni Seljuk.
Lampu gantung besar dan asimetris ini memiliki bola-bola kaca berbentuk tetesan air yang dibuat oleh Nahide Büyükkaymakçı dan “memantulkan doa agar cahaya Allah jatuh pada para penyembah seperti hujan,”. Area sholat wanita dirancang khusus untuk memungkinkan jamaah wanita memiliki pandangan yang jelas tentang kandil. Air mancur di halaman dirancang oleh William Pye. Masjid ini dibangun di atas garasi parkir dan juga mencakup area pameran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *