Masjid Negara Sabah

Masjid Negara Sabah

Masjid Negara Sabah merupakan sebuah studi dalam geometri dan gaya bangunan Islam, sederhana namun rumit. Struktur beton yang telanjang memberikan kekuatan yang keras sebuah simbol solidaritas Muslim, sementara dekorasi yang halus dan rumit berbicara tentang penyempurnaan dan standar tinggi bentuk seni geometris, kedua kualitas yang sangat dihormati dalam agama.

Masjid Negara Sabah 1

Sumber : chriscruises.com

Masjid Negara Sabah baru memiliki kapasitas lebih luas dan artistik. Masjid tetap menjadi fokus utama agama di negara bagian itu dengan sebagian besar acara keagamaan utama berpusat di dalam masjid. Arsitektur Masjid Negara Sabah memiliki geometri murni, yang terdiri dari desain sarang lebah berwarna emas dan abu-abu yang besar untuk kubah, sedangkan area di sekeliling menara berbentuk area berdinding heksagonal yang terdiri dari kolam abulation. Penyangga dalam bentuk memotong kerucut benteng di atasnya dengan kubah miniatur emas. Tulisan khat emas dengan ayat-ayat suci melingkari pada tembok luar.

Masjid Negara Sabah 2

Sumber : sta.my

Area berbaring luar dikelilingi oleh taman dan ruang terbuka yang luas untuk parkir, akan lebih baik jika lebih banyak tanaman hijau ditanam karena terlihat cukup tandus di waktu-waktu tertentu tetapi masjid biasanya tidak dikenal untuk taman pahatan jadi ini bukan pengecualian. Menara pusat mendominasi pemandangan masjid, menjulang tinggi ke langit. Ini adalah konstruksi beton murni dengan tiga tingkat cincin tertutup dengan puncak kerucut emas.

Masjid Negara Sabah 3

Bentuk heksagonal dimasukkan dalam desain masjid. Forum pusat dengan demikian dirancang dengan menara di tengah, mengelilingi itu adalah kolam abrasi di mana jamaah mencuci kaki mereka sebelum doa. Situs ini dipenuhi dengan batu loncatan yang mengarah ke menara untuk pemeliharaan sistem PA untuk penggunaan mufti. Pencahayaan dekoratif juga hadir dalam ornamen melingkar berbentuk heksagonal.

Masjid Negara Sabah 4

Sumber : kotakinabalutravelguide.com

Langkah-langkah batu mengarah ke ruang sholat utama yang terletak di tingkat pertama, tingkat bawah sebagian besar adalah kantor administrasi serta ruang kuliah untuk studi agama. Ruang sholat dapat menampung 150.000 jamaah dengan ceruk terpisah lain untuk jamaah wanita untuk berdoa. Di atas adalah kubah dengan lampu gantung kaca raksasa di tengah.

Desain interior sekali lagi geometris, karya kisi rumit dengan tema heksagonal terlihat jelas di sekeliling dan khat writting ditampilkan dengan jelas di semuanya. Berdiri di sana ada pemandangan yang cukup mengesankan dengan kubah naik tinggi di atas. Karpet berserakan di sekitar para jamaah. Sekali lagi pengunjung harus mematuhi aturan berpakaian sebelum diizinkan masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *