7 Masjid Indah Di Sekitar Malaysia

7 Masjid Indah Di Sekitar Malaysia

Di Malaysia, di mana penduduknya mayoritas beragama Islam, masjid lebih dari sekadar tempat beribadah, masjid ini menampilkan budaya, seni, dan warisan budaya negara yang kaya. Bangunan sering kali memadukan pengaruh Melayu, Arab, Moor, dan bahkan Inggris ke dalam desain mereka, menjadikannya tontonan yang benar untuk dilihat.

Berikut adalah tujuh masjid indah di seluruh Malaysia yang akan membuat Anda terpesona

Masjid Kristal, Terengganu

7 Masjid Indah Di Sekitar Malaysia 1

sumber : http://www.goingplacesmagazine.com

Terletak di Taman Warisan Islam di Terengganu, Masjid Kristal secara luas dianggap sebagai salah satu masjid paling spektakuler di Malaysia. Dibangun dari baja dan kaca, nama masjid yang diperoleh dengan baik berasal dari kubahnya yang mengkilap dan menara azan (panggilan untuk sembahyang) yang berkilau, yang mencerminkan sungai yang mengelilingi bangunan. Masjid ini mampu menampung hingga 1.500 jamaah, dan pergi dengan eksterior modern, dilengkapi dengan fasilitas Wifi dan IT. Ini juga merupakan tempat yang populer untuk pemotretan pernikahan.

Masjid Ubudiah, Perak

7 Masjid Indah Di Sekitar Malaysia 2

sumber : http://www.goingplacesmagazine.com

Di dalam kota kerajaan Kuala Kangsar di Perak adalah Masjid Ubudiah yang megah, contoh yang baik dari arsitektur Kebangkitan Indo-Saracenic abad ke-20. Masjid ini ditugaskan oleh Sultan Perak ke-28 setelah pulih dari serangan penyakit. Fiturnya yang paling mencolok adalah kubah emas dan menara raksasanya. Legenda mengatakan bahwa selama pembangunannya, dua gajah – satu milik Sultan dan satu lagi ke Raja Chulan, anggota keluarga kerajaan – terlibat dalam perkelahian, merusak ubin marmer Italia yang diimpor. Bangunan itu akhirnya selesai pada tahun 1917.

Masjid Al Hussain, Perlis

7 Masjid Indah Di Sekitar Malaysia 3

sumber : http://www.goingplacesmagazine.com

Apa yang tidak dimiliki Masjid Al-Hussain di Perlis, membuatnya dengan arsitektur yang indah. Dibangun di tepi laut, tempat ini juga dikenal sebagai ‘masjid terapung’, karena bangunan itu terlihat seperti sedang duduk di atas air ketika air pasang sedang tinggi. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah setelah gelap, karena masjid diterangi dari dalam, dengan cahaya bersinar dari jendela kaca patri berwarna-warni.

Masjid Putra, Putrajaya

7 Masjid Indah Di Sekitar Malaysia 4

sumber : http://www.goingplacesmagazine.com

Terletak cantik di tepi danau buatan, Masjid Putra adalah salah satu dari dua masjid besar di Putrajaya, ibukota administrasi Malaysia. Merah muda adalah tema utama di seluruh masjid, karena kubahnya dibangun dari granit berwarna mawar, sedangkan bagian dalamnya menampilkan warna yang sama dari lantai ke langit-langit. Terutama mengesankan adalah ruang sholat utama, yang memiliki 12 kolom dan langit-langit yang dihiasi dengan rumit yang dilukis dengan pola geometris dan bunga. Masjid ini dapat menampung hingga 15.000 jamaah.

Masjid Sultan Abu Bakar, Johor

7 Masjid Indah Di Sekitar Malaysia 5

sumber : http://www.goingplacesmagazine.com

Di antara banyak masjid di Malaysia, Masjid Sultan Abu Bakar di Johor mungkin adalah yang paling unik, karena masjid ini sangat menarik dari arsitektur kolonial Inggris Victoria. Dibangun pada abad ke-19, tampilan masjid mencerminkan sentimen Anglophile pada masa itu, ketika Malaysia (saat itu Malaya) berada di bawah kekuasaan Inggris. Namun, lihat lebih dekat, dan Anda akan melihat arsitektur Moor dan Melayu yang indah dipadukan ke dalam desainnya. Ruang sholat utama didukung oleh lengkungan dan kolom bergaya Romawi, dengan lampu gantung yang mewah.

Masjid Al Bukhary, Kedah

7 Masjid Indah Di Sekitar Malaysia 6

sumber : http://www.goingplacesmagazine.com

Di Masjid Al Bukhary di Alor Setar, Kedah, mudah untuk merasa seolah-olah seseorang telah dipindahkan ke halaman agung Istanbul atau Teheran. Terinspirasi oleh bangunan di Turki dan Iran, masjid ini memiliki tujuh kubah berbentuk atas dalam nuansa biru dan pirus, yang utamanya memiliki motif Arab. Berlari melalui pintu depan adalah genangan air reflektif, dan lahannya dihiasi dengan pohon-pohon palem. Gapura utama lima tingkat mewakili lima rukun Islam.

Masjid Sultan Salahuddin, Selangor

7 Masjid Indah Di Sekitar Malaysia 7

sumber : http://www.goingplacesmagazine.com

Masjid Sultan Salahuddin memegang beberapa catatan, menjadi masjid terbesar di Malaysia dan terbesar kedua di Asia Tenggara. Ini juga rumah bagi salah satu kubah masjid terbesar di dunia, dengan diameter lebih dari 51 meter. Warna biru kubah dan menara telah membuatnya mendapat julukan “Masjid Biru”, sementara fitur jendela yang cocok dengan kaca patri biru, memberikan interior warna kobalt yang cocok. Ayat-ayat dari Quran dalam kaligrafi khat dekoratif menghiasi kedua dinding dan kurva bagian dalam kubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *