Masjid Sultan Al Mansur Qalawun | Kairo

Masjid Sultan Al Mansur Qalawun | Kairo

Kompleks mengesankan Sultan Qalawun dibangun di sepanjang jalan bersejarah yang terkenal di Kairo yang dikenal sebagai jalan Shari ‘el-Muizz pada 1284 oleh Sultan Al Mansur Qalawun. Kompleks ini memiliki Mesjid, Medersa, Mausoleum, dan Mauristan di dalam temboknya. Mauristan digantikan oleh rumah sakit modern pada 1920-an. Kompleks ini menampilkan arsitektur khas Mamluk pada waktu itu. Jendela eksterior seluruh kompleks terinspirasi dari gaya Gotik, yang akrab dengan Sultan Qalawun dari gaya arsitektur gereja-gereja Tentara Salib. Kompleks ini dibangun di jantung Kairo Islam di tempat yang dikenal sebagai Bayn Al-Qasreen, atau ‘Antara Dua Istana, dinamai dua Istana Fatimid yang awalnya berdiri di sini. Seperti sebagian besar bangunan Fatimiyah di kota, istana-istana ini dibangun oleh para penguasa berikutnya yang berusaha menghapus pengaruh dinasti Syiah. Qalawun sebenarnya membangun kompleknya di atas fondasi salah satu istana ini.

Masjid Sultan Al Mansur Qalawun | Kairo 1

sumber : https://www.memphistours.com

Peringatan Qalawun termasuk rumah sakit besar, masjid bergaya madrasah (dibedakan dengan ruang pengajaran di masing-masing dari empat dinding untuk masing-masing sekolah pemikiran Islam yang berpengaruh) dan akhirnya makamnya. Rumah sakit itu canggih pada zamannya. Ini menawarkan 2.000 tempat tidur dan banyak fasilitas langka untuk pasien. Itu bekerja sampai akhir periode Ottoman (abad ke-19) tetapi dihancurkan pada tahun 1910.

Masjid Sultan Al Mansur Qalawun | Kairo 2

sumber : https://www.etltravel.com

Puncak Kompleks Qalawun adalah makam. Itu dimodelkan pada Kubah Batu di Yerusalem, tetapi menonjol dengan sendirinya. Bangunan itu dipugar sebagai bagian dari proyek untuk menghidupkan kembali seluruh Al-Muizz Street dan sekarang berdiri sebagai salah satu monumen paling indah di Kairo. Bahkan, itu dianggap sebagai salah satu bangunan paling indah di Dunia Muslim — sebuah makam untuk bersaing dengan Taj Mahal India yang terkenal.

Masjid Sultan Al Mansur Qalawun | Kairo 3

sumber : https://www.etltravel.com

Kompleks yang mengesankan ini adalah salah satu dari beberapa kompleks madrasah / mausoleum Mamluk yang masih berdiri di sepanjang Jalan Al-Muizz. Madrasah Sultan Barouq dan Mausoleum dan Madrasah Al-Nasir Muhammed juga ada di sepanjang Jalan Al-Muizz, tetapi dari dua ini hanya sekolah agama Sultan Barouq yang terbuka untuk wisatawan. Kompleks Qala’un, yang berasal dari tahun 1285, adalah bangunan tertua dan paling mengesankan dari bangunan ini, dibangun untuk mengenang penguasa Mamluk di Kairo.

Mausoleum di sisi berlawanan dari Medersa dianggap sebagai bangunan paling indah di Kairo. Fasad eksterior Mausoleum sejajar dengan jalan luar, sedangkan orientasi interiornya seperti Madrasah. Bentuk oktagonal bangunan memungkinkan kiblat doa (arah) ke dinding sendiri untuk menghadapi Mekah. Di dalam gedung, kubah diterangi oleh warna intens dari kaca yang dipasang di plester dan diukir dengan desain arabesque. Strip Marmer, panel dari batu polikrom, langit-langit coffered yang dicat, dan mihrab dekoratif memberikan wawasan untuk seni dekoratif Mamluk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *