Masjid Shah Jahan

Masjid Shah Jahan

Sebuah masjid di Inggris telah diberikan status bangunan terlindung tertinggi untuk pertama kalinya, sebagai pengakuan atas pentingnya arsitektur dan sejarahnya.

Masjid Shah Jahan 1

Sumber : liputan6.com

Masjid Shah Jahan di Woking, Surrey, ditingkatkan pada hari Selasa ke status Kelas I, peringkat yang dibagi dengan situs-situs seperti kediaman kerajaan Istana Buckingham.

Dibuka pada tahun 1889, Masjid Shah Jahan adalah masjid permanen yang dibangun pertama di Inggris. Didesain dengan gaya Turki Ottoman yang khas, ia dianugerahi status Tingkat II pada tahun 1984 dan sekarang telah dinaikkan ke tingkat tertinggi oleh departemen budaya pemerintah, sementara dua masjid London juga diberi status terdaftar untuk pertama kalinya.

Masjid Shah Jahan 2

Sumber : muslimobsession.com

“Dengan membuat daftar masjid-masjid yang indah ini, kami tidak hanya melestarikan tempat-tempat ibadah yang penting, tetapi juga merayakan kekayaan warisan komunitas Muslim di Inggris,” kata menteri warisan Michael Ellis.

Imam Hafiz Hashmi, Kepala Imam di Masjid Shah Jahan, mengatakan kepada The National bahwa peningkatan tersebut adalah “berita yang sangat baik bagi kami, tetapi juga berita yang sangat baik bagi seluruh komunitas Muslim di Inggris”.

Masjid Shah Jahan 3

Sumber : m.infospesial.net

Dia menambahkan: “Masjid ini sudah menyebarkan pesan perdamaian yang sebenarnya dan memainkan peran yang sangat vital di masyarakat. Kami akan melanjutkan pesan damai ini dan memainkan peran penting dan positif tidak hanya untuk komunitas sendiri tetapi juga di seluruh negara. ”

Masjid ini ditugaskan oleh Dr Gottlieb Leitner, seorang sarjana Hungaria yang lahir dari orang tua Yahudi.

Setelah menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Istanbul, di mana ia belajar di sekolah-sekolah madrasah yang terhubung dengan masjid-masjid kota, ia pindah ke Inggris di mana ia mendirikan Institut Oriental di Woking pada awal 1880-an.

Masjid Shah Jahan 4

Sumber : travel.detik.com

Dengan sumbangan dari Begum Shah Jahan, penguasa Bhopal, ia melanjutkan untuk mendirikan Masjid Shah Jahan atas namanya pada akhir dekade ini. Bangunan itu terinspirasi oleh apa yang dilihat Dr Leitner tentang peninggalan Turki Ottoman, meskipun ia juga berpikir bahwa ia mengambil inspirasinya dari Taj Mahal di India.

Masjid menjadi titik fokus bagi umat Islam di Inggris dan terus digunakan untuk sholat harian. Tidak jelas apakah Dr Leitner sendiri memeluk Islam, tetapi ia adalah simpatisan dan pendukung yang aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *