Masjid Paling Terkenal Di Rusia

Masjid Paling Terkenal Di Rusia

Masjid Katedral Moskow

Masjid Paling Terkenal Di Rusia 1

sumber : https://id.rbth.com

Masjid ini disebut sebagai masjid tertinggi di Eropa. Masjid Katedral Moskow memiliki ruang yang dapat menampung sekitar 10.000 orang. Masjid Katedral Moskow terdiri dari lantai 6 dan di dalamnya terdapat perpustakaan yang fantastis. Selain itu, ada juga ruang pameran di mana banyak artefak ditampilkan. Dengan banyak aula dan ruang untuk shalat, Masjid ini memiliki beberapa arsitektur terbaik di negeri ini. Sangat jelas bahwa Masjid Katedral Moskow akan mendapatkan tempat nomor satu dalam daftar masjid paling indah di Rusia.

Masjid Jantung Chechnya

Masjid Paling Terkenal Di Rusia 2

sumber : https://www.republika.co.id

Terletak di Gronzy, Masjid yang indah ini memiliki interior marmer lengkap dan untuk dekorasi luar digunakan ubin travertine. Masjid telah mendapatkan namanya dari presiden pertama Republik Chechnya, Akmad Kadirov. Masjid Jantung Chechnya memiliki struktur setinggi 63 meter dan kubah yang indah diukur setinggi 32 meter. Bangunan itu bisa menampung 10 ribu jemaah sekaligus.

Masjid Bulgar

Masjid Paling Terkenal Di Rusia 3

sumber : https://id.rbth.com

Masjid Bulgar memiliki struktur bangunan dengan warna putih dilihat dari kejauhan, masjid tampak seperti tempat dari surga. Karena sangat mirip dalam struktur dan warnanya dengan Taj Mahal di India, Masjid Bulgar juga disebut oleh masyarakat setempat sebagai ‘Karan Taj Mahal’. Ruang lantai pertama adalah untuk wanita untuk berdoa sementara ruang aula lantai dua adalah untuk pria. Ada Al Quran terbesar di dunia yang dihiasi permata di sini. Beratnya 800 kilogram dan setidaknya 16 orang diperlukan untuk bantuan memindahkan Al Quran dari tempat ini.

Masjid Lala Tulpan

Masjid Paling Terkenal Di Rusia 4

sumber : https://www.republika.co.id

Salah satu masjid terbesar Rusia dan dianggap sebagai tambahan yang indah dalam budaya Islam Rusia. Terletak di Ufa, masjid ini sekali lagi sangat kaya akan budaya dan warisan bagi umat Islam di Rusia. Masjid Lala Tulpan memiliki menara kembar tertinggi di negara ini dengan ketinggian 53 m. Mereka berbentuk seperti tulip mekar, yang memberi nama masjid. Masjid ini seperti halnya masjid yang lain memiliki pintu masuk dan kamar terpisah untuk pria dan wanita dan merupakan tambahan yang indah untuk keindahan pemandangan. Masjid Lala Tulpan dapat menampung lebih dari 1000 orang sekaligus.

Masjid Kul Sharif Kazan

Masjid Paling Terkenal Di Rusia 5

sumber : https://id.wikipedia.org

Masjid Kul Sharif Kazan berdiri di lokasi di mana kuil menara itu berdiri dan kemudian dihancurkan pada akhir abad ke-15. Masjid ini memiliki enam menara tinggi masing-masing setinggi 55 meter. Masjid ini dikatakan memiliki jumlah menara terbanyak. Mereka semua adalah bagian dari Kompleks Kazan Kremlin. Bahkan, Masjid Kul Sharif Kazan digambarkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2000. Hari-hari ini masjid ditampilkan sebagai museum Islam dan menerima banyak perhatian publik karena pameran.

Masjid Mukhtarov

Masjid Paling Terkenal Di Rusia 6

sumber : http://www.fiqhislam.com

Masjid unik di Rusia ini terletak di Vladikavkaz dan dapat menampung sekitar 5000 jamaah. Dinamai setelah seorang jutawan Azerbaijan dengan nama yang sama, yang membiayai pembangunannya. Jika berencana untuk mengunjungi tempat ini maka dipastikan tidak akan kecewa karena lingkungan yang damai dan tenang dan aura luar biasa yang akan menyelimuti suasana kunjungan disana. Masjid Mukhtarov dibangun pada tahun 1900-an, terletak di latar Pegunungan Caucasus dan memiliki 2 menara yang indah.

Masjid Jumah

Masjid Paling Terkenal Di Rusia 7

sumber : https://www.123rf.com

Masjid Jumah terletak di Derbent. Masjid Jumah dibangun pada 750 M dan merupakan salah satu masjid tertua di Rusia. Masjid ini telah diidentifikasi sebagai pusat Warisan Budaya UNESCO. Selain masjid, ada bangunan lain seperti perpustakaan, penerbit dan kantor Imam.

Masjid Pusat di Nizhnekamsk

Masjid Paling Terkenal Di Rusia 8

sumber : https://www.republika.co.id

Masjid Pusat di Nizhnekamsk bukan hanya sekedar masjid tetapi pusat budaya dan pusat pendidikan. Masjid Pusat di Nizhnekamsk terdiri dari sebuah madrasah, pusat bersejarah dan budaya. Bahkan, ada hotel juga. Masjid Pusat di Nizhnekamsk adalah tempat yang sempurna bagi wisatawan dari semua agama dan bukan hanya Muslim saja. Masjid Pusat di Nizhnekamsk benar-benar tempat yang tepat untuk menikmati waktu damai. Masjid Pusat di Nizhnekamsk akan membantu untuk menyelam jauh ke dalam jiwa batin seseorang dan melihat ke dalam diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *