Masjid Paling Indah di India II

Masjid Paling Indah di India II

Masjid Adhai Din ka Jhonpra, Ajmer

Masjid Paling Indah di India II 1

Salah satu masjid tertua di India, masjid Adhai Din ka Jhonpra dibangun oleh Qutub-ud-Din-Aibak pada tahun 1199 Masehi. Dikatakan sebagai monumen tertua yang masih hidup di Ajmer. Contoh awal arsitektur Indo-Islam, salah satu fitur paling mencolok dari masjid adalah prasasti kaligrafi dua kedalaman yang terukir di fasadnya.

Taj-ul Masajid, Bhopal

Masjid Paling Indah di India II 2

Kota Bhopal, makna literal Taj-ul-Masjid adalah ‘Mahkota Masjid’ dan dianggap sebagai salah satu masjid tertinggi di Asia. Awalnya dibangun pada masa pemerintahan Nawab Shah Jahan Begum dari Bhopal pada abad ke-19, Masjid ini menambahkan sentuhan terakhir pada tahun 1985. Dengan motif-motif kuno yang diambil dari masjid-masjid Suriah abad ke-13 yang menutupi gerbang pintu masuk, serambi merah muda masjid ini disertai oleh menara-menara segi delapan setinggi 18 lantai bersama dengan kubah-kubah yang terbuat dari marmer.

Masjid Makkah, Hyderabad

Masjid Paling Indah di India II 3

Masjid lain tertua di India, situs keagamaan ini dibangun oleh Muhammad Quli Qutb Shah, yang merupakan dinasti Qutb Shahi dari penguasa kelima. Sebuah rencana jenius arsitektur yang memungkinkan seseorang untuk melihat dari atas Charminar di Hyderabad, Masjid Makkah atau Masjid Mekah terletak di Istana Chowmahalla, Laad Bazaar, dekat dengan landmark bersejarah. Batu bata yang digunakan untuk pembangunan lengkungan utama masjid diyakini dibawa jauh-jauh dari kota suci Mekah di Arab Saudi. Dengan ruang sholat utama menjulang sekitar 75 kaki di atas tanah, masjid ini dapat menampung sekitar 10.000 orang sekaligus.

Dengan lima lorong, galeri melengkung dan balkon segi delapan, empat menara terpasang dengan kubah kecil di atas masing-masing, masjid dirancang dengan indah dengan motif bunga dan lukisan dan banyak lengkungan yang bertuliskan ayat-ayat Alquran.

Masjid Nagina, Agra

Masjid Paling Indah di India II 4

Juga dikenal sebagai Masjid Permata, Masjid Nagina adalah struktur halus di sudut barat laut di lokasi Benteng Agra. Dibangun oleh Shah Jahan selama abad ketujuh belas, masjid yang menawan ini adalah contoh cemerlang dari keajaiban arsitektur Mughal. Dibangun dengan marmer putih murni, aula utama memancarkan aura murni yang berjemur di bawah sinar matahari. Dengan tiga kubah di puncaknya dan lengkungannya yang dihiasi dengan baik, masjid ini menampilkan teknik yang sangat sederhana namun elegan, dibangun untuk para wanita keluarga kerajaan sebagai masjid pribadi, menggunakan fitur ‘bangladar’ arsitektur.

Masjid Bara Imambara, Lucknow

Masjid Paling Indah di India II 5

Dianggap sebagai struktur terbesar di India yang tidak didukung, masjid ini dibangun oleh Nawab Asaf-Ud-Dowhala Bara Imambara atau Asafi Imambara, yang merupakan keempat Nawab dari Awadh. Dibangun untuk tujuan mulia, keajaiban teknik ini terletak di Lucknow dan dihitung di antara bangunan dengan arsitektur yang menakjubkan di negara ini. Pada 1784, pekerjaan konstruksi bangunan suci membutuhkan waktu 14 tahun untuk menyelesaikannya.

Seluruhnya dibangun dari batu bata dan kapur Lakhnawi, menariknya tidak ada kayu atau logam yang digunakan untuk membangun bangunan ini. Aspek yang paling mencolok dari masjid adalah atapnya yang melengkung dari aula tengah, yang dibangun tanpa menggunakan balok atau girder tunggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *