Masjid-Masjid Indah di Malabar (2)

Masjid-Masjid Indah di Malabar (2)

Masjid Khizar Juma, Kasaragod

Masjid-Masjid Indah di Malabar (2) 1sumber : https://redscarabtravelandmedia.wordpress.com

Terselip di sebidang tanah yang nyaris tak terlihat melalui gerbang sempit yang terjepit di antara deretan toko, Masjid Khizar Juma di luar Station Road adalah masjid menakjubkan yang menyerupai rumah dua lantai. Sebuah jalan sempit mengarah ke struktur luas dengan deretan jendela melengkung, menara kerucut, atap runcing dan puncak menara yang ramping di sebelah kanan, yang menghadirkan pemandangan yang indah. Terletak di jantung kota, Masjid Theruvath adalah tempat suci Muslim lainnya. Uroos tahunan, diadakan untuk memperingati kedatangan Malik Ibn Dinar, menarik peziarah dari seluruh India.

Masjid Ichlangod

Masjid-Masjid Indah di Malabar (2) 2sumber : https://redscarabtravelandmedia.wordpress.com

Dikatakan 12 orang suci berlayar ke Kerala dari pantai Arabia untuk menyebarkan Islam. Hazrath Rafih Idnu Habeeb Malik Deenar datang dari Madinah di Hejira 37 bersama keluarga dan tujuh muridnya – Umar, Haroon, Usman, Adbullah, Ali, Abdul dan Rehman. Mereka datang dengan ozhi (perahu) ke atas sungai dari pantai dan menetap di sini di kuil Hindu setelah Namboodris dipindahkan ke Kidoor. Hazrath meninggal pada usia 73 dan kemudian, murid-muridnya juga dibaringkan untuk beristirahat di sampingnya. Meskipun masjid itu diyakini berusia 1.200 tahun, struktur yang lebih baru dibangun di tempatnya 30 tahun yang lalu. Satu-satunya bukti jaman dahulu adalah bola kuningan dengan prasasti Arab kuno dan pushkarni melangkah (kolam candi). Udayasthamana Uroos, perayaan selama sebulan di bulan Maret-April, diadakan sekali dalam lima tahun. Dalam perjalanan Anda juga dapat mengunjungi masjid Baba Fakir Wali Ullah Alarami di Pachambla. The Uroos diadakan setiap dua tahun dan jumma mingguan (setiap hari Jumat) adalah perayaan besar dengan lagu-lagu renungan yang berlangsung hingga larut malam.

Masjid Kakkulangara, Valapattanam

Masjid-Masjid Indah di Malabar (2) 3sumber : https://redscarabtravelandmedia.wordpress.com

Ibu kota kuno Mooshika-vansham atau Kolathri Kings of Ezhimala, Valapattanam adalah kota perdagangan penting di tepi Sungai Valapattanam. Masjid tua Kakkulangara Palli dibangun dengan laterit yang digali dari dekat, menciptakan kolam hijau yang indah di sampingnya. Masjid ini memiliki salah satu menara masjid tertua yang ada di Kerala dan memiliki kuburan Abubakr ibn Muhammad, cucu dari Khalifah pertama Abu Bakar As-Siddiq (573-634 M) dan teman-temannya yang menetap di Valapattanam untuk menyebarkan Islam. Ada juga dargah Ahmed Jalaluddin Bukhari yang dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *