Masjid Jama di Panama

Masjid Jama di Panama

Masjid Jama adalah masjid pertama di Panama. Didirikan pada tahun 1981 dan itu, sejauh yang kami ketahui, adalah masjid pertama di Amerika Tengah. Namun sejarah umat Islam di Panama tidak dimulai dengan Masjid Jama.

Masjid Jama di Panama 1

sumber : https://www.flickr.com

Muslim tiba di Panama melalui dua gelombang utama migran. Muslim pertama yang pernah datang ke Panama adalah budak Afrika yang dibawa oleh orang Spanyol pada 1552. Namun, tidak banyak yang bisa dikatakan tentang kelompok ini, yang akhirnya hancur. Sebenarnya tidak ada sejarah tentang apa yang terjadi pada Muslim yang tetap di sana. Gelombang kedua migran adalah Muslim lajang laki-laki dari daerah Indo-Pakistan dan Lebanon, yang tiba dari tahun 1904 hingga 1913. Mereka menikahi wanita lokal dan menetap di sana untuk menjadi pedagang. Selain itu, kelompok lain datang dari Mumbai, India, pada tahun 1929. Kelompok ini, yang berhasil membentuk komunitas yang solid di ibu kota Panama City, adalah kelompok yang kami memiliki kesempatan untuk belajar lebih mendalam.

Masjid Jama di Panama 2

sumber : https://www.efe.com

Pada tahun 1931, sekelompok kecil orang India mulai menetap di Karibia, lebih khusus lagi, Barbados. Orang-orang India ini berasal dari negara kecil bernama Gujarat, negara yang tetap Muslim bahkan setelah kemerdekaan India. Ini adalah orang-orang India yang tinggal secara permanen di Amerika Tengah dan Karibia. Namun, mereka berbicara bahasa Urdu, bukan bahasa Arab, itulah sebabnya hari ini Anda akan melihat beberapa Muslim di Panama yang berbicara bahasa Urdu dan Muslim lain yang berbicara bahasa Arab. Setelah mereka tiba, mereka langsung jatuh cinta dengan Panama. Mereka tahu bahwa Panama adalah tempat yang hebat diisi dengan peluang besar bagi mereka dan keluarga mereka. Tak lama kemudian, semua orang meyakinkan keluarga dan teman-teman mereka untuk datang ke Panama secara permanen. Pada akhir tahun 1970-an, Panama memiliki komunitas Muslim yang stabil yang tinggal di sini, tetapi mereka tidak memiliki masjid, dan hal pertama yang dilakukan oleh seorang Muslim sejati setiap kali mereka bepergian adalah menemukan sebuah masjid sesegera mungkin.

Masjid Jama di Panama 3

sumber : http://myweb.fsu.edu

Mereka biasa mengadakan sholat dan pertemuan di beberapa apartemen hingga 1981, ketika Masjid Jama dibangun di Avenida Balboa oleh kakek Imam Bhattay dengan bantuan Kedutaan Besar Libya yang menutupi setengah dari biaya. Masjid ini, sebenarnya, adalah masjid pertama di Panama. Pada awalnya, kakek Imam Bhattay akan mengeluh dan menangis kepada istrinya mengatakan bahwa dia membangun masjid yang begitu besar, tetapi ada begitu sedikit orang. Namun, setelah beberapa tahun, masjid lain, yang dua kali lebih besar dari yang ini, dibangun di Vista Hermosa karena yang sebelumnya terlalu kecil untuk komunitas. Saat ini, ada total sepuluh masjid di seluruh negara Panama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *