Masjid Al Aqsa Yang Asli

Masjid Al Aqsa Yang Asli

Masjid Al Aqsa yang asli masih menjadi polemik bagi umat Islam khususnya hingga hari ini. Bagi yang tidak peduli dengan perkembangan dunia Islam, banyak orang salah persepsi menganggap masjid yang berkubah emas atau Masjid As Shokhrah adalah Masjid Al Aqsa yang asli.

Ketidaktahuan mayoritas umat Islam tentang Masjid Al Aqsa yang asli membuat hal ini sangat menyedihkan. Referensi dan literasi yang minim membuat umat Islam sebagian besarnya memiliki pemaham yang sedikit tentang Masjid Al Aqsa. Padahal masjid ini merupakan salah satu masjid tersuci di dunia setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Terus, sebenarnya mana Masjid Al Aqsa yang asli ? Masjid Al Aqsa yang asli adalah kompleks Masjid Al Aqsa sendiri, dan bangunan utama Masjid Al aqsa yang asli adalah yang berkubah hijau lumut. Dan bangunan yang berkubah emas itu adalah Masjid As Shokhrah.

Masjid As Shokhrah

sumber : https://www.suara.com/

Masjid As Shokhrah dikenal dengan nama Dome of Rock ini memang memiliki arsitektur yang indah. Namun, bangunan ini bukanlah bangunan Masjid Al Aqsa yang asli. Masjid As Shokhrah ini memiliki beberapa fakta yang perlu kalian ketahui supaya pengetahuan tentang Masjid Al Aqsa yang asli bisa kalian ketahui.

Sering Dianggap Sebagai Masjid Aqsa Yang Asli

Masjid As Shokhrah sering dianggap sebagai Masjid Al Aqsa yang asli. Padahal bangunan ini bukanlah Masjid Al Aqsa. Masjid As Shokhrah banyak memiliki nama, diantaranya Dome of Rock, orang Yahudi menyebutnya Temple Mount. Meskipun dalam satu kompleks, para nabi dahulu beribadah bukan di Masjid As Shokhrah tetapi di Masjid Al Aqsa yang asli yang ada di sebelahnya dengan kubah warna hijau lumut.

Masjid As Shokhrah dengan berbentuk persegi delapan ini didirikan pada masa dinasti Umayyah sekitar tahun 691 dan 715 Masehi. Dan Masjid As Shokhrah memiliki gaya arsitektur Byzantium abad ke-7. Disebabkan berkubah emas sehingga dalam kompleks Masjid Al Aqsa bangunan ini seperti ikon atau bangunan utama. Padahal kubah batu ini bukanlah bangunan Masjid Al Aqsa yang asli.

Batu Di Dalam Kubah

Arsitektur Masjid As Shokhrah ini memang menakjubkan, diluar kekaguman tertuju pada kubah emas yang dimilikinya, dan di dalamnya yang membuat terkagum adalah sebuah batu yang dipagari. Batu ini umat Islam mempercayai sebagai batu pijakan Nabi Muhammad SAW dan tempat tunggangan Nabi pada peristiwa Isra’ Mi’raj. Sedangkan, bagi orang Yahudi, batu di dalam kubah tersebut sebagai batu tempat Nabi Ibrahim as menyembelih putranya Nabi Ismail as atas perintah Allah SWT.

Terdapat Sumur Jiwa Di Bawah Kubah Batu

Di bawah batu besar di dalam Masjid As Shokhrah terdapat tangga yang mengarah ke sebuah ruangan bawah. Ruangan bawah tersebut manyarakat menamainya Sumur Jiwa. Penamaan ini sepertinya bukanlah dari ajaran Islam, karena mitos yang berkembang bahwa sumur tersebut tempat berkumpulnya ruh manusia yang sudah meninggal.

Tempat Penyimpanan Tabut

Di dalam Masjid As Shokhrah tersimpan kitab tabut yang sangat dipercayai oleh orang Yahudi. Dan orang Yahudi mempercayai bahwa di bawah gua tersebut terdapat aliran sungai yang besar yang bisa menyebabkan banjir bandang.

Saksi Bisu Insiden Al Aqsa

Penguasaan kompleks Masjid Al Aqsa oleh zionis Yahudi berakibat sering terjadinya insiden antara umat Islam dan tentara zionis Yahudi. Dan Masjid As Shokhrah ini menjadi saksi bisu beberapa insiden yang menimbulkan korban jiwa bagi umat Islam.

Masjid Al Aqsa Yang Asli

Masjid Al Aqsa Yang Asli

sumber : https://www.merdeka.com/

Dalam mesin pencarian di google Masjid Al Aqsa akan muncul gambar Masjid As Shokhrah, padahal Masjid Al Aqsa yang asli bukanlah yang berkubah emas. Hal ini sepertinya bukanlah disengaja. Mungkin ada skenario besar untuk mengaburkan bangunan Masjid Al Aqsa yang asli dari umat Islam. Supaya zionis Yahudi dengan leluasa menghancurkan bangunan Masjid Al Aqsa yang asli.

Masjid Al Aqsa yang asli yang benar adlah sebuah kompleks di Kota Tua Yerusalem atau Al Quds yang terdiri di dalamnya beberapa bangunan seperti Kubah Batu yang berkubah emas, Masjid Qibly, Masjid Buraq, dan Masjid Marwani. Kompleks Masjid Al Aqsa ini dinamakan kompleks Al-Haram Asy-Syarif. Jadi Masjid Al Aqsa Yang Asli memiliki beberapa fakta yang perlu umat Islam ketahui. Fakta fakta tentang Masjid Al Aqsa Yang Asli bisa di cek dibawah ini

Dijadikan Tempat Sampah

Pada saat Romawi menguasai Masjid Al Aqsa atau Baitul Maqdis, sebagian besar kompleks Masjidil Aqsa dijadikan sebagai tempat sampah. Kemudian setelah Umat Islam berhasil membebaskan Baitul Maqdis di masa kepemimpinan Amirul Mukminin Umar bin Khattab, maka kompleks Masjid Al Aqsa dibersihkan kembali dari sampah.

Pernah Dibakar

sumber : https://www.liputan6.com/

Tanah suci ini dalam perjalanan sejarah menjadi perebutan antara umat Yahudi, Kristen, dan Islam. Penguasaan atas Masjid Al Aqsa yang asli dahulu dilakuakn dengan peperangan sehingga merusak dan membakar Masjid Al Aqsa yang asli. Kemudian di bangun kembali. Tidak hanya hancur karena terbakar, Masjid Al Aqsa juga pernah hancur karena peristiwa gempa bumi pada abad ke 7.

Pada tahun 1967 karena wilayah Masjid Al Aqsa diduduki paksa oleh Zionis Yahudi. Seorang yahudi berkebangsaan Australia yang bernama Denis Michael Rohan membakar dengan sengaja Masjid AlAqsa sehingga mimbar kuno peninggalan Nuruddin Zanki di masa Shalahuddin.

Tempat Kitab Ihya Ulumuddin Ditulis

sumber : https://www.liputan6.com/

Bagi umat Islam kitab Ihya Ulumuddin adalah salah satu kitab fenomenal salah satu referensi dalam literasi Islam yang banyak menjadi rujukan kaum muslim dalam menjalankan agama Islam. Kitab ini ditulis oleh Al-Ghazali saat tinggal di Masjidil Aqsa.

Perpustakaan Penting Sejarah Palestina Di Awal Abad ke-20

Perpustakaan penting Al-Aqsa ini didirikan oleh Dewan Legislatif Muslim Tertinggi pada tahun 1923. Perpustakaan memiliki berbagai koleksi manuskrip yang sangat berharga.

Mimbar Buatan Jepara Indonesia

Peristiwa pembakaran Masjid Al Aqsa yang asli pada tahun 1969 membuat mimbar Nurudin Zanki atau yang lebih dikenal dengan mimbar Shalahuddin ikut terbakar. Kemudian Raja Yordania Abdullah bin Husein II mengganti mimbar masjid tersebut.dan salah satu orang yang ditugaskan untuk membuat mimbar Masjidil Aqsa tersebut berasal dari Jepara Indonesia.

Inspirasi Bagi Muslim Di Indonesia

Nama-nama di Jawa banyak terilhami oleh nama yang berasal dari Masji Al Aqsa, seperti nama Kudus terilhami dari nama Al-Quds. Dan wilayah Masjid Al Aqsa berdiri berada di Gunung Moria, Sehingga menjadi nama salah satu wali songo, yaitu Sunan Muria, dan masih banyak nama nama lainnya yang berasal dari Palestina yang menjadi inspirasi bagi nama-nama di Jawa.

Demikian, beberapa penjelasan tentang Masjid Al Aqsa yang asli dengan membandingkan bangunan Masjid kubah batu supaya umat Islam menjadi lebih tahu tentang keberadaan bangunan Masjid Al Aqsa yang asli. Dari tahu dan pahamnya bangunan Masjid Al Aqsa yang asli merupakan salah satu sikap kepedulian kita kepada perkembangan dunia Islam. Dan perlu dicatat bahwa siapa yang menguasai Baitul Maqdis, dialah yang menguasai peradaban dunia. Wa allahu’alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *