6 Menara Masjid Modern

6 Menara Masjid Modern

Menara masjid modern pada umumnya memiliki fungsi sebagai pelengkap dari desain bangunan masjid. Dahulu keberadaan menara masjid sangat penting berkaitan dengan ibadah sholat, yaitu sebagai tempat mengumandangkan adzan agar lantunan adzan terdengar hingga radius yang lebih jauh dikarenakan belum ditemukannya pengeras suara. Namun saat ini dengan pengeras suara, adzan bisa terdengar pada radius jauh dari masjid meskipun tidak ada menara pada bangunan masjid modern.

Menara dan kubah sudah identik dengan bangunan masjid, sehingga keberadaan menara masjid modern atau kubah bisa juga sebagai penanda bahwa bangunan tersebut adalah masjid. Jadi, keberadaan menara masjid modern masih penting sebagai penanda bangunan masjid, meskipun kadang tidak memiliki kubah.

Menara Masjid Modern Cyberjaya

menara masjid modern

sumber : https://en.wikipedia.org/

Masjid modern Cyberjaya memiliki arsitektur yang eksotis dengan ornamen yang menghiasinya, baik eksterior maupun interiornya. Masjid dengan konsep ramah lingkungan ini memiliki fitur didalamnya Courtyard Central, kubah kaca dan pemandangan. Courtyard Central memiliki fungsi sebagai ventilasi dan pencahayaan alami. Bunga tanjung menghiasi di tengah bangunan sebagai tempat berteduh, dan rumput sintetis menjadi pelengkap keindahan Courtyard Central.

Pada bagian luar masjid, hiasan yang paling dominan adalah keberadaan menara masjid modern ini. Menara masjid dengan desain modern terbuat dari bahan lempengan kayu dengan warna coklat. Menara masjid modern ini memiliki ukuran panjang sekitar 27 meter dan lebar 5 meter. Jadi fungsi menara pada masjid modern ini adalah sebagai penanda bahwa bangunan berwarna putih ini adalah masjid.

Menara Masjid Modern Arcapita Bahrain

sumber : https://www.som.com/

Masjid Arcapita merupakan masjid modern dengan bentuk kubas yang terdiri dari dua lantai dan memiliki satu menara. Menara masjid modern ini memiliki ketinggian 50 meter. Eksterior masjid dan menara masjid modern ini dihiasi dekorasi ventilasi berbentuk segitiga yang juga berfungsi sebagai jalan masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan masjid. Masjid yang berada di kawasan baru di pantai pada sebuah Pulau di Teluk Manama mudah dijangkau dengan transportasi taksi. Pencahayaan alami mudah didapatkan karena keberadaan 40 jendela berbentuk segitiga pada ke empat dinding masjid.

Menara Masjid Modern Penzberg Jerman

sumber : https://www.goethe.de/

Masjid modern di Penzberg Jerman di bangun dengan tiga lantai dan memiliki fasilitas aula, perpustakaan multimedia,ruang kelas dan ruang administrasi. Konsep keterbukaan tampak pada desain arsitektur masjid yang didominasi material kaca. Kesan transparan fasad yang dimilikinya menciptakan sebuah estetika selaras dengan lingkungan sekitasnya. Tanpa pagar pada halaman masjid sehingga lebih akrab dengan lingkungan sekitarnya.

Masjid yang berbentuk kotak terlihat indah dengan permainan detail ornamentasi yang kaya. Apalagi menara masjid modern yang melengkapinya penuh dengan dekorasi ornamen sehingga tampak seperti sebuah rangka.

Menara Masjid Modern Yesilvadi Turki

sumber : http://muslimtravelwriter.blogspot.com/

Masjid Modern Ye┼čilvadi Turki dirancang dalam konsep modern dengan tetap mengutamakan gaya arsitektur Turki. Masjid ini berbentuk setengah bola atau kubah yang berbentuk separuh bola. Bentuk ini merupakan simbol dari bentuk alam semesta yang tak terbatas. Bentuk kubah separuh bola ini merupakan ruang utama sholat. Selain itu ada fasilitas ruang pertemuan, perpustakaan, dan halaman. Menara masjid modern ini juga merupakan bagian desain masjid modern Yesilvadi. Jendela yang berjumlah 11 berfungsi sebagai pencahayaan alami ke dalam ruang utama masjid. Sehingga ornamen kaligrafi yang menghiasi interior masjid tampak indah.

Menara Masjid Modern Koln Jerman

sumber : http://www.buletinislami.com/

Masjid modern di Jerman ini bergaya arsitektur Ottoman dengan dinding berbahan kaca. Dua menara masjid ini mengapit bagunan masjid yang berbentuk kubah modern. Menara masjid yang tinggi dan lancip ini bernuansa modern. Masjid yang di bangun dengan material kaca, beton, dan kayu ini tampak elegan karena kubah transparannya. Selain ruang ibadah, masjid ini memiliki fasilitas pendukung diantaranya perpustakaan, ruang seminar, dan kantor administrasi.

Menara Masjid Modern KAPSARC Arab Saudi

sumber : https://www.hok.com/

Masjid KAPSARC menjadi kebutuhab bagi masyarakat yang bermukim dikawasan tersebut. Menara masjid berfungsi sebagai tempat lantunan adzan dikumandangkan, selain itu menara masjid menjadi pelengkap desain masjid modern. Fasilitas konektivitas menuju Mekah dan Ka’bah memberikan kemudahan jamaah dalam mobilitas yang diinginkan. Masjid ini ditinggikan tiga kaki di atas ruang luar yang berdekatan dan dikelilingi oleh kolam reflektif yang bersinar di malam hari. Para jamaah memasuki masjid dengan menaiki tangga batu apung dan melintasi jembatan kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *