Masjid Zagreb di Kroasia

Masjid Zagreb di Kroasia

Masjid Zagreb, yang terletak di kota Zagreb, adalah masjid terbesar di Kroasia. Islamic Secondary School “Dr. Ahmed Smajlovic” dan pusat kebudayaan beroperasi di dalam masjid. Pembangunan dimulai pada 1981 dan selesai pada 1987.

Masjid Zagreb di Kroasia 1

sumber : https://steemit.com

Masjid Zagreb mendapat sumbangan dana dari Sultan bin Muhammad Al-Qasimi, Emir Sharjah, menyumbang US $ 2,5 juta untuk pembangunan masjid. Pada tahun 1983, Sultan bin Muhammad Al-Qasimi, Emir Sharjah mengunjungi komunitas Islam di Zagreb.

Masjid Zagreb di Kroasia 2

sumber : https://steemit.com

Masyarakat Bruder Naga Kroasia memulai pembangunan masjid pada tahun 1912, tetapi inisiatif itu tidak berlangsung lama. Dengan kedatangan sejumlah besar Islam belvers ke Zagreb, setelah berdirinya Kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia, sebuah komunitas religius Muslim yang bermoral tinggi didirikan pada tahun 1922.

Masjid Zagreb di Kroasia 3

sumber : https://steemit.com

Komunitas Muslim mengangkat masalah masjid, tetapi tidak diselesaikan sampai 1944, ketika Galeri Seni Rupa (proyek oleh I.Meštrović dari tahun 1938) diubah menjadi masjid, dan Stjepan Planić dan Zvonimir požgaj menambahkan tiga menara ke sana. . Dengan keputusan pemerintah kota pada tahun 1948, masjid itu pindah dari bangunan dan menara yang ditarik.

Masjid Zagreb di Kroasia 4

sumber : https://steemit.com

Pembangunan masjid dan pusat Islam saat ini di Trstik (Proyek Perumahan Folnegovićev) selesai pada tahun 1987. Arsitek yang berbasis di Sarajevo Džemal Čelić dan Mirza Gološ membangun sebuah kompleks dengan luas 10.000 meter persegi.

Masjid Zagreb di Kroasia 5

sumber : https://steemit.com

Masjid Zagreb terdiri dari beberapa unit fungsional, yaitu tempat ibadah dengan menara setinggi 51 m, dan sekolah menengah agama Islam (medresa), perpustakaan, tempat sosial umum, gedung administrasi, bagian perumahan dan fasilitas lainnya.

Masjid Zagreb di Kroasia 6

sumber : https://steemit.com

Meskipun interior dan eksteriornya mempertahankan pola dan konten tradisional, arsitektur kompleks ini selaras dengan tren konstruksi modern yang sangat indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *