Masjid Mustafa Pasha Makedonia

Masjid Mustafa Pasha Makedonia

Masjid Mustafa Pasha dibangun pada 1492 untuk menghormati Mustafa Pasha, wazir (menteri) untuk para sultan selama periode Makedonia adalah bagian dari Kekaisaran Ottoman. Plakat marmer di atas pintu masuk tidak hanya menunjukkan (dalam bahasa Arab) tahun masjid itu dibangun tetapi juga memberi tahu para pelancong bahwa masjid itu dibangun di atas fondasi sebuah gereja abad pertengahan.

Masjid Mustafa Pasha Makedonia 1

sumber : https://journeymacedonia.com

Sebuah hal yang sangat umum dilakukan sepanjang sejarah Makedonia, seperti beberapa Basilika Kristen awal, dan kemudian beberapa gereja dan biara juga dibangun di atas fondasi kuil-kuil kafir. Masjid Mustafa Pasha mengalami beberapa kerusakan akibat gempa besar tahun 1963, kemudian dipulihkan dan baru-baru ini menjalani upaya pelestarian / restorasi yang selesai pada tahun 2011.

Masjid Mustafa Pasha Makedonia 2

sumber : https://journeymacedonia.com

Masjid Mustafa Pasha menampilkan arsitektur Konstantinopel awal. Kubah monumental yang menutupi masjid berdiameter 16,3 meter (53 ½ kaki). Tinggi menara, terbuat dari batu kapur, adalah 47 meter (154 kaki). Pintu masuk ke masjid, di sisi utara, fasad dan kolom, dibangun dari marmer putih dan ditutupi dengan tiga kubah kecil. Kompleks masjid juga mencakup makam Mustafa Pasha yang terletak di dekat dinding utara masjid, sarkofagus batu putrinya Umi, makam lain, air mancur, dan mawar.

Masjid Mustafa Pasha Makedonia 3

sumber : https://journeymacedonia.com

Di dalam masjid ada area besar untuk sholat. Bagian dalam masjid didekorasi dengan kaya dengan warna-warni arab. Saat memasuki masjid Anda disambut oleh ruang shalat yang besar. Di sudut tenggara (bagian terdekat dengan Mekah dan arah Ka’bah) adalah mihrab (ceruk doa setengah lingkaran) dari mana mullah membaca Alquran.

Masjid Mustafa Pasha Makedonia 4

sumber : https://journeymacedonia.com

Masjid ini terletak di pusat Skopje, tepat di atas Starа Čarsija (Bazaar Lama), berjalan kaki singkat dari Jembatan Batu Lama dan tepat di bawah Benteng Skopje. Bagian Skopje ini kaya akan warisan dan arsitektur Turki dan dalam jarak berjalan kaki dari Masjid Mustafa Pasha Anda dapat mengunjungi, Čifte Amam, Kuršumli An (Kurshumli An), Kapan An, Suli An, Masjid Murat Pasha, Masjid Sultan Murat, Isa Masjid Bey, Masjid Aras (Араста Џамија) dan Starа Čarsija (Bazaar Lama).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *