Masjid dengan Arsitektur Terbaik di Istanbul (1)

Masjid dengan Arsitektur Terbaik di Istanbul (1)

Istanbul terkenal dengan masjid dan arsitektur Ottomannya. Sebagai ibukota Kekaisaran Ottoman sejak 1453 dan kota terbesar di Turki, Istanbul adalah rumah bagi lebih dari 3000 masjid.

Ini membuatnya sulit untuk memutuskan mana yang akan dikunjungi, tetapi di sini ada 7 masjid yang paling penting untuk dilihat berdasarkan karakter arsitektur dan konteks historisnya.

Masjid Sultanahmet (Masjid Biru)

Masjid dengan Arsitektur Terbaik di Istanbul (1) 1

sumber : https://www.merdeka.com/

Masjid abad ke-17 ini, menghadap Hagia Sophia, terkenal dengan karya ubin biru yang indah yang menghiasi dinding interiornya. Enam menara rampingnya membedakannya dari masjid lain, yang biasanya memiliki dua atau empat menara.

Masjid Sultanahmet dibangun 1609-1616, pada masa pemerintahan Ahmed I. Seperti banyak masjid lain, Masjid Sultanahmet juga ada beberapa bagian dalam sebuah kompleks masjid yaitu, makam pendiri, sebuah madrasah dan rumah sakit.

Meskipun masih digunakan sebagai masjid, Sultanahmet adalah salah satu tempat wisata paling populer dan penting di Istanbul. Sultanahmet dianggap sebagai masjid besar terakhir dari periode klasik Ottoman, karena merupakan puncak dari dua abad pembangunan masjid Ottoman dan gereja Bizantium. Masjid Sultanahmet menggabungkan beberapa elemen Bizantium Hagia Sophia bersama dengan arsitektur Islam tradisional.

Masjid Süleymaniye (Masjid Yang Luar Biasa)

Masjid dengan Arsitektur Terbaik di Istanbul (1) 2sumber : https://www.umrohtravelhalal.com

Masjid Süleymaniye adalah masjid terbesar kedua di kota, dan salah satu pemandangan paling terkenal di Istanbul. Masjid yang luar biasa ini dibangun pada abad ke-16 oleh arsitek Ottoman terkenal Mimar Sinan untuk Sultan Süleyman the Magnificient.

Masjid Süleymaniye menggabungkan menara tinggi dan ramping (khas arsitektur Ottoman) dengan bangunan berkubah besar yang didukung oleh setengah kubah dalam gaya gereja Bizantium Hagia Sophia (yang diubah oleh Ottoman menjadi masjid Aya Sofya). Desain ini juga bermain di ego Sulaiman ‘Sulaiman’, karena merujuk pada Dome of the Rock, yang dibangun di situs Kuil Solomon. Halaman adalah keagungan luar biasa dengan gaya peristirahatan bertiang.

Makam Sultan, istrinya Hürrem, dan Mimar Sinan ditemukan di dalam kompleksnya. Masjid Süleymaniye adalah masjid terbesar di Istanbul dengan empat menara (tapi bukan keseluruhan terbesar).

Masjid Yeni Cami (Masjid Baru)

Masjid dengan Arsitektur Terbaik di Istanbul (1) 3sumber : https://www.republika.co.id

Masjid ini diperintahkan oleh Safiye Sultan, yang merupakan istri Sultan Murad III. Konstruksi dimulai pada 1597, tetapi karena masalah politik konstruksi berhenti di tengah jalan. Bangunan yang sebagian dibangun itu hancur menjadi puing-puing dan dihancurkan oleh api pada tahun 1660.

Belakangan tahun itu, arsitek kekaisaran Mustafa Aga menyarankan bahwa Valide Turhan Hadice, ibu dari Sultan Mehmet IV, harus menyelesaikan proyek sebagai karya kesalehan. Masjid ini akhirnya selesai pada tahun 1663. Hari ini adalah salah satu masjid paling terkenal di kota. Bagian dalam masjid memiliki contoh karya ubin Ottoman, yang dikenal sebagai ubin İznik (ubin biru yang menyandang nama kota tempat pembuatannya) – tetapi, sampel terbaik ubin İznik dapat dilihat di Rüstem Pasha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *